Alergi merupakan suatu reaksi imun tubuh terhadap suatu benda atau formula tertentu. Hampir dialami oleh semua orang, alergi termasuk ke dalam salah satu kondisi tubuh yang cukup normal. Umumnya, setiap orang memiliki tipe alergi yang berbeda-beda, tergantung imun tubuh setiap orang. Salah satu faktor alergi yang terbesar adalah makanan. 

Namun, masih banyak yang kurang paham dengan jenis makanan yang menyebabkan alergi. Daripada berasumsi dengan jenis makanan tertentu, sebaiknya kita kenali yuk beberapa jenis makanan penyebab alergi di ulasan yang satu ini!

1. Seafood

Hati-hati, Ini 7 Makanan yang Menyebabkan Alergiintistclair.com

Seafood menjadi urutan pertama dari daftar makanan yang menyebabkan alergi. Yup, siapapun pasti tahu bahwa banyak orang yang mengalami alergi karena seafood. Meski rasanya sangat nikmat untuk disantap, namun beberapa jenis makanan seafood seperti udang, lobster, kerang, dan ikan tidak dapat dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki alergi terhadap makanan tersebut. 

Jika tidak, maka tubuh akan bereaksi dengan menunjukkan gejala alergi seperti gatal pada kulit, area tubuh tertentu yang membengkak, atau rasa sesak yang luar biasa.

2. Telur

Hati-hati, Ini 7 Makanan yang Menyebabkan Alergicharlottesbook.com

Tak hanya dianggap sebagai makanan penyebab jerawat saja, telur pun juga menjadi salah satu makanan yang menyebabkan alergi. Tak peduli dengan kandungan protein pada telur yang cukup tinggi, namun jika seseorang memiliki alergi telur sebaiknya hindari beberapa jenis makanan yang mengandung telur agar terhindar dari berbagai gejalanya yang tidak membuat tubuh menjadi nyaman.

3. Kacang

Hati-hati, Ini 7 Makanan yang Menyebabkan Alergipoliquingroup.com

Selain telur, kacang yang juga mengandung protein cukup tinggi pun kerap kali disebut sebagai salah satu makanan yang menyebabkan alergi. Namun, sedikit berbeda dengan jenis makanan lainnya, kacang pun dianggap menjadi salah satu makanan penyebab alergi yang cukup membahayakan karena dapat menyebabkan kematian. 

Walaupun kasus yang satu ini jarang terjadi, namun cukup berjaga-jagalah untuk menghindari makanan apapun yang mengandung kacang jika tak ingin gejala alergi muncul.

4. Susu

Hati-hati, Ini 7 Makanan yang Menyebabkan Alergiyoungisthan.in

Tak sedikit juga yang mengatakan bahwa susu menjadi salah satu makanan yang menyebabkan alergi. Walaupun mayoritas penderita alergi susu adalah anak-anak, tetapi tak menutup kemungkinan juga dapat menyerang orang dewasa. 

Buat anak-anak yang alergi terhadap susu masih dapat membaik seiring bertambahnya usia. Untuk orang dewasa, jarang sekali yang bisa membaik dan sebaiknya benar-benar hindari susu besereta produk makanan lainnya yang mengandung susu.

5. Gluten

Hati-hati, Ini 7 Makanan yang Menyebabkan Alergiroharik.com

Salah satu makanan yang menyebabkan alergi ialah gluten. Bahan makanan yang satu ini sering kamu temui di produk mie maupun roti. Buat penderita alergi gluten, sebaiknya hindari mengonsumsi roti atau cemilan yang mengandung gluten. 

Baiknya, santaplah jenis makanan apapun yang bebas gluten sehingga kamu tak lagi merasakan gatal saat sedang mengonsumsi makanan dengan kandungan gluten.

6. Daging merah

Hati-hati, Ini 7 Makanan yang Menyebabkan Alergithespruceeats.com

Daging merah memiliki jutaan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan tubuh. Namun bukan berarti daging merah bisa lolos dari daftar makanan yang menyebabkan alergi. Pasalnya, cukup banyak orang yang mengalami alergi daging dan dapat dialami oleh anak-anak dan orang dewasa.

7. Beberapa jenis sayuran

Hati-hati, Ini 7 Makanan yang Menyebabkan Alergiediblefingerlakes.com

Walau jarang sekali terdengar, sayuran yang sehat pun ternyata bisa jadi makanan yang menyebabkan alergi lho! Terdapat beberapa orang yang memang memiliki imun tubuh yang menolak beberapa jenis sayuran tertentu, biasanya seperti wortel, bawang, dan jenis umbi-umbian. Namun, tak perlu khawatir, karena biasanya alergi sayuran tak terlalu membahayakan dan dapat diganti dengan sayuran lainnya sebagai makanan alternatif.

Untuk itu, kamu yang pernah mengalami alergi dan belum tahu apa saja sih makanan yang menyebabkan alergi, itulah beberapa jenisnya yang bisa kamu kenali. Jadi, sudak tahu belum tubuhmu alergi terhadap jenis makanan apa?

Baca Juga: 7 Jenis Antibiotik yang Cocok untuk Mengobati Alergi