Menurut beberapa penelitian, satu dari beberapa orang, pastinya memiliki minimal satu jenis alergi dan jarang sekali ada yang terlahir tanpa memiliki alergi terhadap apapun. Untuk itulah, alergi menjadi suatu kondisi umum yang normal terjadi. Alergi yang merupakan suatu kondisi tubuh yang memberikan reaksi terhadap berbagai jenis pemicunya yang beragam yaitu bisa karena debu, suhu udara, makanan, bulu hewan, dan masih banyak pemicu lainnya. 

Biasanya, gejala umum yang ditimbulkan ialah kulit terasa gatal kemerahan, bersin, terjadi pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, dan gejala lainnya yang menandai seseorang terkena alergi. Untuk tahu lebih jelasnya lagi, ketahui jenis-jenis alergi yang cukup beragam karena Popbela akan membahasnya di artikel yang satu ini! So, keep scrolling, Bela!

1. Alergi debu

Paling familiar diantara jenis alergi lainnya, alergi debu biasanya dapat dialami hampir banyak orang. Biasanya seseorang yang alergi debu akan memberikan reaksi seperti bersin, sesak napas, dan kulit gatal-gatal akibat berada di sekitar debu maupun tungau. Satu-satunya langkah yang bisa dilakukan selain mengatasi dengan obat adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat kita tinggal.

2. Alergi makanan

Selain alergi debu, jenis alergi yang satu ini pun cukup umum bagi sebagian orang. Alergi makanan merupakan salah satu jenis alergi yang menyebabkan tubuh seseorang memberikan reaksinya saat mengonsumsi jenis makanan tertentu seperti seafood, telur, kacang, dan makanan lainnya. Untuk itu, sebaiknya jauhilah jenis makanan yang dapat membuatmu alergi. Namun, jika kamu belum tahu jenis makanan apa yang membuatmu alergi, mungkin kamu bisa melakukan tes alergi di laboratorium.

Wajib Tahu! Ini Dia Jenis-jenis Alergi yang Sangat Mengganggubondibeauty.com.au

3. Alergi obat

Tak jarang juga alergi obat terjadi pada banyak orang. Pasalnya, jenis alergi yang satu ini dapat memberikan efek yang sangat mengganggu seperti mengi, kulit kemerahan, dan gatal. Jenis obat yang kerap kali menjadi penyebab alergi ialah seperti antibiotik, obat pusing, obat flu, dan jenis obat lainnya. Untuk itu, waspada dan berhati-hatilah dalam mengonsumsi jenis obat. Sebaiknya, tanya dulu ke dokter ya!

4. Alergi bulu hewan

Salah satu jenis alergi lainnya ialah alergi dengan bulu hewan. Jenis alergi ini biasanya terjadi ketika seseorang bersentuhan dengan bulu hewan seperti kucing, anjing, kelinci, dan hewan berbulu lainnya. Reaksi yang ditimbulkan seperti mata memerah dan berair, kulit terasa gatal, dan reaksi lainnya. Oleh karena itu, hindari memelihara hewan peliharaan bagi yang memiliki jenis alergi yang satu ini.

Wajib Tahu! Ini Dia Jenis-jenis Alergi yang Sangat Mengganggufashiongonerogue.com

5. Alergi sinar matahari

Aguagenic urticaria atau yang biasa disebut sebagai alergi matahari ini memang terdengar cukup aneh dan terjadi hanya pada beberapa orang saja. Reaksi yang ditimbulkan biasanya kulit terasa menyengat, gatal, kemerahan setelah 30 menit berada di bawah matahari dan penyebabnya tak lain adalah sinar ultraviolet. Bagi penderita alergi ini, dokter memberikan resep obat yang bertujuan untuk mengurangi rekasi alergi. 

6. Alergi suhu udara

Untuk jenis alergi yang ini, biasanya terjadi buat orang-orang yang tak tahan berada di suhu ekstrim seperti terlalu panas maupun terlalu dingin, namun yang biasanya sering terjadi itu saat berada di suhu dingin. Reaksi yang ditimbulkan saat alergi biasanya kulit kemerahan dan gatal, napas menjadi terasa sesak, dan disertai berbagai reaksi lainnya.

Wajib Tahu! Ini Dia Jenis-jenis Alergi yang Sangat Mengganggufashioneditorials.com

7. Alergi serbuk sari

Beberapa jenis tumbuhan menghasilkan serbuk sari yang sering terbawa oleh angin, nah inilah yang kerap menjadi penyebab seseorang menderita alergi serbuk sari. Jenis alergi ini tidaklah berbahaya dan dapat segera menghilang dengan sendirinya.

Jadi, buat kamu yang sering mengalami beberapa reaksi alergi, cari tahulah melalui beberapa jenis alergi yang sudah Popbela bagikan. Jika kamu menemukan kesulitan untuk mencari tahu jenis alergimu, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis ya!

Baca Juga: Jika Sering Alami 5 Hal Ini, Bisa Jadi Kamu Alergi Terhadap Gluten!