Tuberculosis atau yang biasa disingkat dengan TBC merupakan salah satu penyakit pernapasan yang menyerang paru-paru. Kuman Mycrobacterium tuberculosis-lah yang menjadi penyebabnya. 

Sampai detik ini, jenis penyakit yang satu ini masih menduduki urutan ke-3 sebagai jenis penyakit yang paling banyak menyerang banyak orang dan disebut juga sebagai penyakit yang menyebabkan kematian. Diteliti dari berbagai kasus, seseorang yang mengidap penyakit TBC harus melewati proses penyembuhan minimal 6 bulan lamanya. 

Walau memang masih umum terjadi, namun kamu harus waspada dengan penyakit TBC karena dapat menular dan cukup berbahaya. Sebagai langkah untuk berjaga-jaga, maka kamu pun harus mengetahui beberapa gejala penyakit TBC yang umum terjadi. Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Batuk yang tak kunjung sembuh

Sudah dipastikan bahwa batuk merupakan awal gejala penyakit TBC yang paling umum terjadi. Berbeda dengan batuk pada umumnya, batuk yang dikarenakan penyakit TBC biasanya berangsur terus menerus dan sulit untuk disembuhkan.

2. Mengeluarkan dahak yang berdarah

Selain batuk tak kunjung sembuh, gejala penyakit TBC yang menandai bahwa itulah tandanya ialah keluarnya darah pada dahak pada saat sedang batuk. Jika gejala penyakit TBC yang satu ini sudah terlihat dan terjadi berulang-ulang, sebaiknya jangan dibiarkan dan segera konsultasikan pada dokter spesialis.

Hati-hati dengan Gejala Penyakit TBC yang Bisa Menyerang Siapa Sajawonderlandmagazine.com

3. Dada terasa nyeri

Tak dapat dipungkiri, sebagai salah satu gejala penyakit TBC yang menyerang bagian paru-paru tentunya membuat dada terasa sangat nyeri dan sesak. Untuk beberapa kasus, biasanya rasa nyeri dan sesak tersebut dibarengi dengan suara mengi pada saat bernafas.

4. Tubuh sangat lemas

Setelah beberapa gejala penyakit TBC yang sangat terlihat seperti batuk dan muncul mengi, maka energi pads tubuh menjadi berkurang, daya tahan tubuh melemah, dan tubuh pun menjadi sangat lemas. Jika tak diatasi, rasa lemas tersebut dapat membuat seseorang menjadi tak berdaya.

Hati-hati dengan Gejala Penyakit TBC yang Bisa Menyerang Siapa Sajajennywuphotography.com

5. Menurunnya nafsu makan

Terjadi begitu saja, penderita biasanya akan merasakan gejala penyakit TBC yang satu ini. Ketika tubuh yang lemas membutuhkan asupan gizi kembali, tubuh malah menolak untuk bisa mengonsumsi makanan atau menurunnya nafsu makan yang membuat penyakit malah semakin lebih parah.

6. Disertai demam yang tinggi

Gejala penyakit TBC yang juga dialami oleh banyak orang adalah munculnya demam secara tiba-tiba dan suhu tubuh yang mendadak menjadi sangat tinggi. Hati-hati dengan gejala penyakit TBC yang satu ini karena berarti tubuhmu sedang dalam tahap yang cukup parah.

Hati-hati dengan Gejala Penyakit TBC yang Bisa Menyerang Siapa Sajaeastcoastmakeup.com

7. Tubuh selalu berkeringat pada malam hari

Demam yang dialami oleh penderita TBC biasanya akan disertai dengan gejala penyakit TBC lainnya yaitu keluarnya keringat setiap malam hari dan membuat si penderita menjadi insomnia karena tak dapat terlelap dengan baik.

Nah, itu dia beberapa gejala penyakit TBC yang merupakan tanda paling umum dialami oleh seseorang yang menderita TBC. Jadi, jika beberapa gejala penyakit TBC di atas sedang kamu alami, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter ya!

Baca Juga: Ikuti 7 Cara Menjaga Area Pernapasan yang Baik dan Benar