Beberapa diantara kamu, pasti pernah mendengar nama penyakit yang satu ini. Yup, penyakit lupus, jenis penyakit yang kerap kali menyerang kaum perempuan ini disebabkan oleh imun tubuh sendiri atau sering dikenal dengan autoimun. Penyakit lupus, termasuk salah satu jenis penyakit yang dihindari oleh semua orang karena dapat menyerang berbagai organ tubuh seperti ginjal, sel darah, kulit, sumsum tulang belakang, dan organ tubuh lainnya. 

Walaupun sampai saat ini penyebabnya belum diketahui, kamu bisa mengenal jenis penyakit ini dengan mencari tahu beberapa fakta unik penyakit lupus yang akan dibagikan di artikel kali ini. Yuk simak terus sampai habis!

1. Paling banyak menyerang perempuan

Fakta unik penyakit lupus yang pertama ialah bahwa jenis penyakit yang satu ini paling sering menyerang kaum perempuan dibandingkan lelaki. Banyak studi yang sudah mengulas hal yang satu ini, namun sampai hari ini, belum ada kejelasan yang menjawab mengapa penyakit lupus paling sering dialami oleh perempuan.

2. Belum diketahui penyebabnya secara jelas

Walaupun sudah menyerang banyak orang, namun fakta unik penyakit lupus lainnya ialah bahwa belum ada penelitian yang dapat menjawab penyebab penyakit yang satu ini. Namun, kesimpulan sementara, penyakit lupus dapat menyerang karena sistem kekebalan tubuh tak bekerja semana mestinya. 

7 Fakta Unik Tentang Lupus, Penyakit yang Menyerang Kim Kardashianmyfacehunter.com

3. Untuk mencari tahu, wajib melakukan tes darah

Berbeda dengan jenis penyakit lainnya, untuk mencari tahu seseorang didiagnosa penyakit lupus maka haruslah melakukan berbagai tes yang cukup rumit, salah satunya ialah melakukan tes darah. 

4. Tidak mengenal usia

Fakta unik penyakit lupus yang cukup mencengangkan ialah bahwa penyakit lupus tak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi penyakit lupus dari menyerang anak-anak remaja hingga ke atas. Untuk itu, penting sekali menjaga kesehatan tubuh sejak usia dini.

7 Fakta Unik Tentang Lupus, Penyakit yang Menyerang Kim Kardashiannouragauper.com

5. Memiliki gejala yang tidak jelas

Jika biasanya tiap jenis penyakit memiliki gejala yang cukup jelas untuk dapat diketahui, nah penyakit lupus jauh berbeda lho! Pasalnya, gejala yang tampak pada penderita lupus berbeda-beda tiap orang sehingga sulit untuk langsung mengetahui seseorang terserang penyakit ini. Tentu saja, hal ini termasuk ke dalam fakta unik penyakit lupus.

6. Dapat menyerang secara tiba-tiba

Fakta unik penyakit lupus yang satu ini dapat membuat banyak orang menjadi khawatir karena banyak penelitian yang mengatakan bahwa penyakit lupus dapat menyerang seseorang secara tiba-tiba dan tidak terduga.

7 Fakta Unik Tentang Lupus, Penyakit yang Menyerang Kim Kardashianpinterest.com

7. Obat untuk menyembuhkan penyakit lupus belum ditemukan

Sebagai poin terakhir dari fakta unik penyakit lupus, bahwasannya sampai hari belum ada penemuan obat yang dapat mengobati jenis penyakit ini, namun ada beberapa penganjuran vitamin dan obat yang dapat menahan penaykit lupus agar tidak semakin parah.

Itu dia beberapa fakta unik penyakit lupus yang sudah Popbela bahas. Memang, jenis penyakit yang satu ini belum begitu memilki kejelasan dari penyebab hingga cara mengatasinya. Namun, tetap saja kamu bisa melakukan pencegahan dengan membiasakan gaya hidup yang sehat.

Baca Juga: Mental Terganggu Karena Lupus, Selena Gomez Direhabilitasi!