Hal umum yang terjadi pada seluruh perempuan remaja hingga dewasa, menstruasi tentu sudah menjadi teman bulanan yang rutin terjadi. Meski begitu, ternyata masih banyak perempuan yang sering keliru antara mitos dan fakta mengenai menstruasi. Untuk itu, kali ini Popbela akan membahas sesuatu mengenai fakta menstruasi yang tentunya dapat menambah wawasanmu. Yuk simak artikelnya!

1. Setiap orang memiliki sel telur yang cukup untuk seumur hidup.

Ini 5 Fakta Tentang Menstruasi yang Wajib Kamu Tahuhelloclue.com

Setiap perempuan memang dilahirkan dengan memiliki kurang lebih 1 hingga 2 juta sel telur yang belum matang pada indung telur. Nantinya hanya terdapat 400 sel telur dalam mencapai tahap matang.

2. Darah yang keluar biasanya setakar dengan kurang dari satu gelas.

Ini 5 Fakta Tentang Menstruasi yang Wajib Kamu Tahuhelloclue.com

Fakta selanjutnya ialah mengenai darah menstruasi yang keluar setiap kali siklusnya ialah sebanyak beberapa sendok hingga 1 gelas darah. Terjadi berbeda-beda pada setiap perempuan, namun rata-rata darah yang hilang dapat mencapai 30-40 ml.

3. Darah menstruasi bukan darah kotor

Ini 5 Fakta Tentang Menstruasi yang Wajib Kamu Tahurefinery29.com

Siapa nih yang masih beranggapan bahwa darah menstruasi adalah darah kotor? Eits, tunggu dulu, nyatanya darah menstruasi ialah hasil dari proses ovulasi yaitu dimana ketika sel telur tidak dibuahi oleh sperma. Jadi, jangan berpikir bahwa darah menstruasi sama dengan darah pada luka atau pada saat sedang mimisan ya!

4. Hal wajar jika melewatkan satu siklus menstruasi

Ini 5 Fakta Tentang Menstruasi yang Wajib Kamu Tahueverydayhealth.com

Tak selalu mengalami menstruasi dengan rutin, memang hal ini sangatlah normal dan dapat terjadi pada siapa saja. Hal tersebut terjadi, bukan karena kamu mengidap penyakit, tetapi mungkin saja terjadi karena makanan yang kamu konsumsi atau gaya hidupmu yang kurang sehat.

5. Menstruasi nggak bikin tubuh lemah

Ini 5 Fakta Tentang Menstruasi yang Wajib Kamu Tahuquickanddirtytips.com

Sebagian orang masih beranggapan bahwa menstruasi merupakan suatu hal yang hanya membuat tubuh perempuan menjadi lemah dan terkapar. Tentu saja hal tersebut sangatlah salah, karena menstruasi merupakan proses biologis yang terjadi normal pada perempuan.

Nah, jadi semakin tahu kan beberapa fakta mengenai menstruasi. Jadi, kamu pun sudah tak lagi salah persepsi. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: Inilah Penyebab Nyeri Haid yang Mungkin Belum Kamu Ketahui