Setiap orang pasti pernah merasakan adanya berbagai tekanan dari luar yang tak dapat dipungkiri bisa menyebabkan sebuah reaksi psikis yang sering disebut stres. Yup, berapa banyak yang pernah merasakan stres? Atau apakah kamu termasuk salah satunya? Memang, kondisi psikis yang satu ini merupakan hal yang sangat normal untuk dirasakan, namun bukan berarti kamu bisa memanjakan rekasi tersebut dengan membiarkan rasa stres terus menerus menguasai dirimu. Jika hal tersebut terjadi, maka beberapa efek buruk stres akan kamu rasakan dan dampaknya cukup mengerikan. 

Maka itu, penting sekali lho untuk belajar mengendalikan rasa stres dengan melakukan kegiatan yang mampu menenangkan pikiran. Tetapi, sebelum memasuki hal itu, kamu juga harus mengetahui beberapa efek buruk stres yang seringkali terjadi pada banyak orang. Yuk cari tahu apa saja!

1. Menghilangkan kemampuan untuk mengendalikan emosi

Jika membiarkan stres mengendalikan dirimu, maka efek buruk stres yang paling pertama muncul ialah hilangnya kemampuan dalam mengendalikan emosi. Emosi yang dimaksud tak hanya amarah, tetapi rasa sedih dan bahagia yang dapat muncul secara berlebihan sehingga tanpa disadari dapat mengganggu kejiwaan juga.

2. Insomnia

Tak dapat dipungkiri, saat seseorang mengalami stres, maka jam tidur yang ia miliki pun menjadi tidak berkualitas. Hal tersebut merupakan salah satu efek buruk stres yang kerap kali menyerang banyak orang, umumnya seseorang yang sudah bekerja atau yang sudah menikah.

Wajib Tahu! Ternyata Ini Lho Efek Buruk Stres loudoflace.com

3. Nafus makan menjadi tak terkendali

Selain memiliki kesulitan saat tidur, efek buruk stres yang dapat dialami adalah perihal nafsu makan. Yup, nafus makan seseorang menjadi tak memiliki kendali. Dapat menjadi sulit makan atau malah dapat menambah nafsu makan. Keduanya sangatlah berdampak negatif untuk kesehatan tubuh karena tentunya sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

4. Menurunnya sistem kekebalan tubuh

Jika nafsu makan dan jam tidur cukup berantakan, maka efek buruk stres yang menyebabkan keduanya bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh yang menjadi menurun. Hal tersebut dapat membuat tubuh seseorang menjadi mudah terserang berbagai penyakit termasuk salah satunya ialah berkembangnya sel kanker.

Wajib Tahu! Ternyata Ini Lho Efek Buruk Stres fashioneditorials.com

5. Serangan jantung

Karena stres sering disebut sebagai pemicu terbesar bagi seseorang yang terkena serangan jantung, maka siapapun pasti tahu dengan efek buruk stres yang satu ini. Saat seseorang menghadapi stres, jantung yang berdetak sangat cepat akan memaksakan cara kerjanya sehingga berpengaruh besar pada tekanan darah yang semakin meningkat dan dapat menyerang jantung.

6. Merusak kulit dan rambut

Memiliki tampilan kulit dan rambut yang indah hanyalah sebuah impian belaka jika dirimu membiarkan rasa stres terus menerus menghancurkan dirimu. Karena efek buruk stres lainnya ialah dapat merusak jaringan kulit sehingga mempercepat proses penuaan serta dampak buruk lainnya bagi rambut yaitu dapat membuat rambut menjadi rontok.

Wajib Tahu! Ternyata Ini Lho Efek Buruk Stres fashioneditorials.com

7. Gangguan jiwa

Efek buruk stres yang paling dihindari oleh semua orang ialah ketika stres sudah berubah menjadi depresi hingga mengganggu area kejiwaan atau yang biasa disebut juga sebagai gangguan jiwa. Akibat paling fatal jika seseorang mengalami gangguan jiwa ialah hilangnya pikiran rasional yang dapat menyebabkan keinginan bunuh diri.

Walau stres sering dianggap normal dan tidak berbahaya, namun beberapa efek buruk stres ternyata berdampak cukup besar pada diri seseorang bahkan dapat mengancam nyawa. Jadi, untuk menghindari beberapa hal tersebut, tentunya kamu harus belajar untuk mengontrol stres serta menjaga kesehatan jiwamu dengan baik. Tetapi, jika kamu sudah merasakan beberapa dari efek buruk stres yang sudah dijelaskan, sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter kejiwaan.

Baca Juga: 7 Cara Menangani Stres dengan Mudah