Dibanding dengan jenis penyakit lainnya, psoriasis memang terdengar kurang populer karena jarang sekali ada yang terserang penyakit ini sampai pada akhirnya beberapa waktu lalu psoriasis menyerang Kim Kardashian.

Dari kejadian itulah psoriasis menjadi cukup populer dan kerap kali dibicarakan oleh banyak orang. Ternyata tak hanya itu, beberapa orang yang mengidap penyakit psoriasis mulai mengekspos dirinya dan berbagi pengalamannya dengan penyakit yang satu ini. 

Psoriasis merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang tak hanya berpengaruh pada kesehatan kulit tetapi juga berdampak pada daya tahan tubuh yang semakin menurun. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui ciri-ciri psoriasis yang mungkin bisa saja dialami setiap orang. Yuk simak!

1. Muncul kemerahan pada kulit

Ciri-ciri psoriasis yang paling pertama kali bisa menandakan bahwa kamu mengidap jenis penyakit yang satu ini ialah munculnya kemerahan pada kulit yang disertai rasa gatal dan panas sehingga mampu membuatmu merasa tidak nyaman. Hati-hati untuk menyentuh atau menggaruk area kulit yang kemerahan karena dapat menyebabkan kulit menjadi terluka.

2. Kulit menjadi kering dan bersisik

Selain kemerahan pada kulit, ciri-ciri psoriasis lainnya ialah terjadinya dehidrasi pada lapisan kulit sehingga kulit menjadi sangat kering dan bersisik. Dehidrasi pada kulit yang disebabkan oleh penyakit psoriasis cukup berbeda dengan kulit kering pada umumnya karena tak dapat dilembapkan dengan produk skincare.

Kenali Ciri-ciri Psoriasis yang Pernah Menyerang Kim Kardashianjennywuphotography.com

3. Kuku berubah warna

Ciri-ciri psoriasis tak hanya terlihat pada kulit tangan saja, tetapi juga terlihat pada kulit kuku. Terjadinya perubahan warna dari kuku yang putih bersih menjadi berwarna kekuningan sehingga kuku pun terlihat sangat kusam dan kurang sehat.

4. Kulit kuku menjadi rapuh

Selain perubahan pada warna kuku, tekstur kuku pun menjadi mudah rapuh dan menyebabkan rasa perih yang luar biasa saat kulit kuku mulai patah. Hal ini sangat mengganggu seseorang dalam menjalani aktivitas sehari-harinya dan beberapa kasus menunjukkan bahwa jari-jari menjadi sulit untuk digerakkan.

Kenali Ciri-ciri Psoriasis yang Pernah Menyerang Kim Kardashianfashiongonerogue.com

5. Kulit kepala menjadi bersisik

Menyerang semua kulit tubuh dari atas sampai bawah, maka ciri-ciri psoriasis tak melewati bagian kulit kepala yang justru merupakan area kulit paling rentan dan sensitif. Kulit kepala yang semakin berkurang tingkat kelembapannya ini pun berubah menjadi bersisik dan dapat terkelupas secara perlahan. 

6. Tubuh menjadi lemas

Walaupun psoriasis merupakan penyakit yang menyerang area kulit, tetapi dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang semakin menurun. Maka salah satu ciri-ciri psoriasis yang dikeluhkan oleh penderita ialah tubuh pun menjadi sangat lemas dan sulit untuk beraktivitas. Ketahuilah, jika psoriasis sudah menyerang seluruh tubuhmu, jangan lupa untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Kenali Ciri-ciri Psoriasis yang Pernah Menyerang Kim Kardashianeastcoastmakeup.com

7. Otot dan sendi terasa sangat nyeri

Tubuh yang terasa lemas, biasanya akan disertai dengan ciri-ciri psoriasis yang satu ini. Ya, bagian otot dan sendi juga ikut terasa nyeri dan pegal sehingga membuat si penderita terasa tak berdaya dan tentunya membutuhkan waktu beristirahat serta pengobatan yang serius.

Jadi, itu dia 7 ciri-ciri psoriasis yang menjadi tanda paling terlihat saat seseorang mengidap penyakit ini. Tentu saja jangan sepelekan jenis penyakit ini karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuhmu dan sebaiknya lakukan penanganan langsung oleh dokter.

Baca Juga: 5 Jenis Psoriasis, Penyakit Kulit yang Perlu Kamu Waspadai