Termasuk ke dalam golongan penyakit darah, masih banyak sekali yang menyamakan penyakit thalasemia dengan anemia. Padahal keduanya sangatlah berbeda lho, Bela! Thalasemia merupakan penyakit kelainan darah yang disebabkan oleh keturunan. Seseorang yang mengalami thalasemia haruslah menjalani pengobatan seumur hidup atau transplantasi sumsum tulang. 

Jenis penyakit darah yang satu ini pun dapat menyerang siapa saja dan tentunya kamu harus berjaga dengan mengenali beberapa ciri-ciri penyakit thalasemia yang akan dijelaskan di ulasan berikut ini! Yuk, keep scrolling! 

1. Mudah lelah

Untuk ciri-ciri penyakit thalasemia yang satu ini memang hampir sama dengan salah satu ciri seseorang mengalami anemia. Kalau biasanya orang normal merasakan lelah hanya seusai melakukan kegiatan yang sangat berat atau kurang tidur, penderita thalasemia dapat merasakan rasa lelah yang luar biasa bahkan saat sedang melakukan aktivitas yang ringan. Untuk itu, dapat dipastikan bahwa seseorang yang mengidap penyakit thalasemia sangat mudah lelah. Sebaiknya, hindari kegiatan yang menguras tenaga dan perbanyaklah istirahat.

2. Tubuh selalu terasa lemas

Selain tubuh yang mudah lelah, ciri-ciri penyakit thalasemia lainnya ialah tubuh dapat terasa lemas setiap saat. Hal itulah yang menjadi penghalang terbesar si penderita untuk melakukan berbagai aktivitas dan tak dapat bebas aktif. 

Tak ada cara mudah untuk mengatasinya, beberapa penderita biasanya akan diberikan obat khusus dari dokter untuk menambah stamina tubuh kembali. Selain itu, perhatikan juga asupan gizi untuk tubuh yang didapat dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Kenali Ciri-ciri Penyakit Thalasemia yang Bisa Menyerang Siapa Sajamybeautymatches.com

3. Mudah terserang penyakit

Rata-rata, seseorang yang mengidap penyakit thalasemia memiliki daya tahan tubuh yang lemah sehingga mudah sekali untuk terserang berbagai penyakit. Ciri-ciri penyakit thalasemia yang satu ini dapat menyebabkan tubuh pengidapnya mengalami penyakit komplikasi yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi asupan vitamin dan obat khusus dari dokter.

4. Kulit terlihat pucat

Seperti yang kita tahu, thalasemia menjadikan tubuh seseorang kekurangan sel darah merah. Hal tersebut menyebabkan ciri-ciri penyakit thalasemia yang satu ini yakni warna kulit yang semakin terlihat pucat atau kekuningan. Jadi, tak heran jika seseorang yang mengidap thalasemia kerap kali terlihat pucat pasi. 

Kenali Ciri-ciri Penyakit Thalasemia yang Bisa Menyerang Siapa Sajabeautyonrose.com.au

5. Bermasalah dengan pertumbuhan organ tubuh

Ciri-ciri penyakit thalasemia yang satu ini biasanya terjadi pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan penyakit inilah yang menyebabkan pertumbuhan organ tubuh menjadi lebih lambat dari pertumbuhan organ tubuh pada umumnya. 

6. Dapat mengalami gagal jantung

Untuk beberapa kasus, ciri-ciri penyakit thalasemia yang satu dapat terjadi pada si penderita. Penyakit kelainan darah ini juga dapat menyebabka kerusakan pada beberapa organ tubuh dan yang biasanya menjadi sasaran ialah jantung. Tak heran jika seseorang yang mengidap penyakit thalasemia dapat terserang penyakit jantung yang bisa menjadi penyebab kematian secara tiba-tiba.

Kenali Ciri-ciri Penyakit Thalasemia yang Bisa Menyerang Siapa Sajalearn.lindsayadlerphotography.com

7. Warna urin yang tidak normal

Untuk mengetahui seseorang mengidap penyakit yang satu ini, salah satu dari ciri-ciri penyakit thalasemia ialah memiliki warna urin yang tidak normal. Biasanya, si penderita memiliki warna urin yang lebih gelap daripada warna urin normal pada umumnya. Untuk itu, penting juga bagi penderita thalasemia mengonsumsi air putih yang cukup banyak.

Nah, itulah ulasan yang membahas mengenai ciri-ciri penyakit thalasemia. Walaupun bukan kamu yang mengidap penyakit ini, tapi ada baiknya untuk menyimak juga agar dapat membantu orang sekitarmu jika ada yang mengidap penyakit thalasemia!

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Wajib untuk Kamu Ketahui