Buat setiap perempuan yang baru menikah, tentu saja kehamilan merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu. Namun, seringkali masih banyak perempuan yang tidak sadar bahwa dirinya sedang memasuki masa kehamilan muda. Untuk itu, penting sekali bagi kaum perempuan untuk lebih mengerti tentang beberapa hal yang menjadi ciri hamil muda. 

Pada artikel yang satu ini, Popbela akan membahas ciri-ciri hamil muda yang sangat terlihat pada saat memasuki fase kehamilan. Yuk simak artikelnya sampai habis!

1. Kepala sering terasa sakit dan pusing

Ciri-ciri Hamil Muda Yang Bisa Dikenali Lewat 7 Tanda Ini

Ciri hamil muda yang paling sering terjadi ialah rasa pusing dan sakit pada kepala yang terjadi terus menerus. Hal tersebut terjadi karena tekanan darah yang rendah juga ditambah dengan perubahan emosional memicu stres dan depresi.

2. Merasakan lelah yang berlebihan

Ciri-ciri Hamil Muda Yang Bisa Dikenali Lewat 7 Tanda Ini

Saat memasuki kehamilan usia muda, sudah dipastikan bahwa organ vital pada tubuh tak hanya bekerja untuk kebutuhan ibu saja tetapi juga buat perkembangan janin. Ciri hamil muda yang satu ini dapat memberikan efek lelah sekaligus rasa kantuk yang berlebihan. 

3. Perut terasa mual

Ciri-ciri Hamil Muda Yang Bisa Dikenali Lewat 7 Tanda Ini

Menurut beberapa penelitian, hampir seluruh perempuan yang baru memasuki masa kehamilan akan merasakan ciri hamil muda yang satu ini. Rasa mual atau yang biasa dikenal dengan morning sickness dapat menyerang tanpa henti ini dapat membuat seseorang menjadi muntah. Hal tersebut sangatlah normal dan terjadi dikarenakan adanya peningkatan hormon dalam aliran darah yang terjadi secara tiba-tiba dan mengakibatkan rasa mual yang luar biasa.

4. Berkeinginan buang air kecil terus menerus

Ciri-ciri Hamil Muda Yang Bisa Dikenali Lewat 7 Tanda Ini

Ciri hamil muda lainnya ialah adanya rasa berkeinginan buang air kecil terus menerus yang disebabkan oleh pertumbuhan janin pada rahim yang dapat menekan kandung kemih. Nah, untuk kamu yang merasakan ciri hamil muda yang satu ini tentu tak boleh ditahan ya. Nah, karena hal tersebut tentu dapat menyebabkan dehidrasi, jangan lupa untuk terus banyak mengonsumsi air putih ya Bela!

5. Munculnya flek

Ciri-ciri Hamil Muda Yang Bisa Dikenali Lewat 7 Tanda Ini

Sering disalah artikan sebagai menstruasi, namun bercak darah yang disebut flek ini dapat menjadi salah satu ciri hamil muda yang terjadi antara 8-10 hari setelah terjadi ovulasi. Dan biasanya munculnya flek akan disertai dengan rasa kram perut yang tratur hingga beberapa minggu yang menjadi ciri hamil muda.

6. Perut menjadi sembelit

Ciri-ciri Hamil Muda Yang Bisa Dikenali Lewat 7 Tanda Ini

Selain beberapa ciri umum yang terjadi, ternyata sembelit juga termasuk ke dalam ciri hamil muda lho! Sembelit bisa terjadi dikarenakan adanya peningkatan hormon progesterone yang bekerja dalam mengendurkan otot rahim sehingga area pencernaan menjadi terganggu. 

7. Berkeinginan untuk meludah

Ciri-ciri Hamil Muda Yang Bisa Dikenali Lewat 7 Tanda Ini

Tak hanya rasa mual yang dapat menyerang, berkeinginan untuk terus meludah juga menjadi salah satu ciri hamil muda yang kerap terjadi pada hampir seluruh perempuan. Perubahan hormon estrogen lah yang menyebabkan hal yang satu ini. Untuk itu, penting untuk selalu menyediakan kantong plastik dan permen yang dapat mengatasi rasa tersebut.

Sudah nggak bingung lagi kan, Bela? ciri-ciri hamil muda yang sudah Popbela jelaskan dapat membantumu untuk mengetahui apakah kamu sedang memasuki masa kehamilan pertamakah atau tidak. Jangan lupa juga untuk terus menjaga kesehatan ya! Semoga artikelnya bermanfaat.

Baca Juga: Inilah Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan