Mungkin sebagian dari kamu pernah mendengar tentang darah rendah yang terjadi pada beberapa orang. Darah rendah ialah keadaan dimana jantung memompa darah di bawah batas tekanan normal. Penyebab darah rendah disebabkan oleh beberapa faktor yaitu anemia, tubuh mengalami dehidrasi, mengonsumsi jenis obat tertentu, genetik, menderita gangguan jantung, dan masih banyak penyebab lainnya. Namun, tak semua paham bahwa tubuhnya mengalami darah rendah atau tidak. 

Walaupun tampaknya darah rendah tak begitu berbahaya, namun, tetap saja kamu wajib tahu beberapa ciri-ciri darah rendah agar bisa segera melakukan penanganannya. Yuk cari tahu segera di artikel berikut ini!

1. Tubuh sering lemas

Ketika jantung memompa darah di bawah batas tekanan normal, tentu saja dapat menyebabkan seluruh tubuh sering terasa lemas. Hal tersebut merupakan ciri-ciri darah rendah yang paling sering terjadi pada seluruh penderita darah rendah. Lemasnya tubuh dapat mengurangi rasa semangat dan menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa. 

2. Sulit untuk berkonsentrasi

Nggak hanya tubuh terasa lemas, sulit untuk berkonsentrasi juga merupakan ciri-ciri darah rendah. Banyak sekali para penderita darah rendah yang mengeluh karena sulitnya untuk berkonsentrasi atau sulit fokus. Ciri-ciri darah rendah yang satu ini terlihat sangat merugikan karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

7 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Wajib untuk Kamu Ketahuipinterest.com

3. Jantung berdetak lebih kencang

Ciri-ciri darah rendah lainnya ialah seseorang akan merasakan jantungnya berdetak lebih kencang dibandingkan orang normal lainnya. Biasanya hal ini terjadi ketika seseorang yang mengidap darah rendah mengalami kecemasan atau sehabis melakukan aktivitas yang berat dan dapat disertai dengan ciri-ciri darah rendah lainnya.

4. Tak tahan berada di suhu yang dingin

Beberapa penderita pun mengatakan bahwa salah satu ciri-ciri darah rendah yang juga kerap terjadi ialah mudah kedinginan saat berada di suhu yang dingin sehingga penderita darah rendah dikenal tak tahan saat berada di lingkungan dengan suhu dingin atau berada di dekat pendingin ruangan. Untuk itulah, penderita darah rendh disarankan untuk selalu membawa baju hangat serta mengonsumsi minuman penghangat tubuh.

7 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Wajib untuk Kamu Ketahuifashiongonerogue.com

5. Kepala sering terasa pusing

Tak dapat dipungkiri bahwa kepala yang terasa pusing juga merupakan salah satu ciri-ciri darah rendah yang biasanya terjadi sebagai tanda yang menyertai seorang penderita darah rendah membutuhkan istirahat.

6. Tak dapat melakukan pekerjaan yang berat

Seseorang dengan ciri-ciri darah rendah biasanya hanya dapat melakukan pekerjaan atau kegiatan dengan terbatas. Jika penderita darah rendah melakukan pekerjaan yang cukup berat, tubuhnya akan segera memberikan respon seperti pusing, badan pegal, dan bahkan pingsan.

7 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Wajib untuk Kamu KetahuiTwitter.com

7. Mudah pingsan

Puncak dari ciri-ciri darah rendah ialah mudahnya pingsan jika sehabis melakukan aktivitas yang berat, terlalu letih, atau sedang mengalami stres. Untuk itu, penting sekali untuk selalu menjaga ketenangan pikiran dan membatasi aktivitas yang dilakukan.

Setelah membaca artikel yang satu ini sampai habis, kira-kira dari ketujuh ciri-ciri darah rendah di atas, apakah kamu salah satu seseorang yang menderita darah rendah?

Baca Juga: 7 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita Darah Rendah