Banyak penelitian yang mengatakan bahwa gaya hidup ternyata dapat mengontrol gula darahmu lho. Saat kamu menjalankan gaya hidup yang kurang sehat, nggak dipungkiri gula darahmu pun dapat menjadi sangat tinggi. Saat mengalami gula darah tinggi, tentunya kamu harus waspada karena hal tersebut dapat memicu timbulnya berbagai penyakit yang cukup serius. 

Saat kamu sudah mengalami tanda-tanda gula darah tinggi, sebaiknya segera cek ke dokter dan kamu juga dapat melakukan 7 cara menurunkan gula darah seperti di bawah ini yang akan Popbela rangkum untuk membantumu. Simak artikelnya sampai tuntas ya!

1. Olahraga teratur

Ini 7 Cara Menurunkan Gula Darahpopsugar.com

Saat kamu berolahraga, sensitivitas insulin pada tubuhmu akan bertambah. Hal inilah yang dapat membantu untuk mengontrol gula darahmu yang tinggi. Agar olahraga yang kamu jalani benar-benar bekerja dalam menurunkan gula darahmu, sebaiknya periksa dahulu ke dokter untuk mengetahui gerakan olahraga yang sperti apa yang akan kamu lakukan jika disesuaikan dengan level gula darahmu. Umumya, jenis olahraga yang sering dilakukan berupa mengangkat beban, bersepeda, berenang, berlari, dan lain-lain.

2. Banyak minum air putih

Ini 7 Cara Menurunkan Gula Darahwell-beingsecrets.com

Salah satu cara menurunkan gula darah yang paling mudah adalah dengan meminum air putih. Air putih menjadi satu-satunya jenis cairan yang paling sehat dan dapat menghidrasi tubuhmu dengan maksimal. Dengan mengonsumsi air putih yang masuk ke dalam tubuhmu, secara otomatis dapat mengurangi tingkat gula darahmu yang dikeluarkan melalui urin. Jadi, perbanyak minum air putih untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes ya!

3. Mengontrol asupan gula

Ini 7 Cara Menurunkan Gula DarahCosmopolitan.com

Buat kamu yang suka dengan makanan yang manis, sebaiknya mulai kontrol makanan dengan kandungan gula yang cukup tinggi sebagai salah satu cara menurunkan gula darah. Karena berbagai jenis makanan manis dapat memicu naiknya gula darahmu dan dapat menjadi penyebab diabetes.

4. Memiliki waktu tidur yang berkualitas

Ini 7 Cara Menurunkan Gula Darahhealthychild.com

Untuk dapat melakukan cara menurunkan gula darah adalah dengan cek kualitas tidurmu. Waktu tidur yang berkualitas memang sangat penting, nggak sekedar membuat tubuhmu menjadi lebih segar tetapi juga dapat menambah level hormon cortisol yang memiliki peran cukup penting dalam mengatur tingkat gula darahmu. Selain itu, memiliki waktu tidur yang cukup dapat mengontrol berat badan dan metabolisme tubuhmu.

5. Coba meminum cuka apel

Ini 7 Cara Menurunkan Gula Darahmomlovesbest.com

Salah satu cara menurunkan gula darah yang mungkin belum kamu ketahui adalah dengan meminum cuka apel secara rutin atau buat kamu yang kurang suka dengan rasanya, dapat mencampurnya dengan salad. Cuka apel memang dikenal dengan sejuta manfaat termasuk dapat membantu mengurangi tingkat gula darah yang tinggi.

6. Lakukan diet sehat

Ini 7 Cara Menurunkan Gula Darahberkeleywellness.com

Salah satu gaya hidup yang buruk adalah tidak dapatnya mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi. Untuk terhindar dari risiko diabetes, sebaiknya belajar untuk menjaga berat badanmu dengan melakukan diet sehat. Kurangi makanan berkarbohidrat tinggi, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

7. Belajar mengontrol rasa stresmu

Ini 7 Cara Menurunkan Gula Darahverywellhealth.com

Walau sekilas tampak tak saling berhubungan, namun perlu diketahui bahwa rasa stres yang kamu alami itu dapat menentukan tingkat gula darahmu. Saat rasa stres yang kamu alami memuncak, tubuhmu akan mengeluarkan hormon glucagon dan cortisol yang menyebabkan gula darahmu naik. Sebagai salah satu cara menurunkan gula darah, lakukan kegiatan relaksasi seperti yoga, spa dan olahraga ringan.

Walaupun cukup sederhana, namun 7 cara menurunkan gula darah yang tinggi ini cukup ampuh untuk membuat gula darahmu menjadi stabil kembali. Yuk, jangan lupa lakukan setiap cara dengan perlahan, sabar dan juga disiplin. Semoga berhasil!

Baca Juga: Nggak Nyangka, Ini 7 Hal yang Menjadi Penyebab Gula Darah Tinggi