Menstruasi atau haid sudah menjadi jadwal bulanan yang nggak bisa kamu hindari. Kebanyakan perempuan pasti pernah merasakan nyeri haid yang bisa membuat nggak mood seharian. Walau hal yang satu ini merupakan hal yang normal, namun tetap saja rasanya sangat menyiksa tubuh bukan? Untuk itu, Popbela punya beberapa cara mengatasi nyeri haid yang bisa kamu coba. Ikuti terus yuk artikelnya!

1. Menggunakan heating pad

Berikut 5 Cara Mengatasi Nyeri Haidmisscoty.com

Cara mengatasi nyeri haid yang pertama adalah dengan menggunakan heating pad khusus untuk mengatasi kram perut. Heating pad yang tersedia di pasaran nggak hanya berbentuk bantalan kecil yang di cas menggunakan listrik, tetapi ada juga produk heating pad yang memiliki bentuk seperti koyo lho.

2. Berendam air hangat

Berikut 5 Cara Mengatasi Nyeri Haidcenton.co

Cara mengatasi nyeri haid yang lain adalah dengan berendam air hangat. Dengan melakukan hal ini bagian tubuh yang nyeri dan pegal seperti perut juga sekitar pinggang akan berkurang dengan sendirinya. Selain itu, berendam dengan air hangat juga akan mengatasi stres yang menjadi salah satu pemicu kram perut saat haid.

3. Lakukan olahraga secara rutin

Berikut 5 Cara Mengatasi Nyeri Haidbesthealthmag.ca

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa berolahraga secara rutin dapat menjadi salah satu cara mengatasi nyeri haid. Terbukti benar, banyak perempuan yang menyarankan untuk melakukan aktivitas olahraga seperti aerobik atau zumba untuk membantu tubuhmu terhindar dari sakit akibat kram saat menstruasi.

4. Mengonsumsi minuman yang mengandung kunyit

Berikut 5 Cara Mengatasi Nyeri Haiddavidlebovitz.com

Kandungan kurkumin yang dapat meredakan rasa sakit atau peradangan sudah dipercaya sejak dahulu. Untuk itulah mengapa minuman yang mengandung kunyit sangat dipercaya menjadi cara mengatasi nyeri haid yang ampuh.

5. Mengontrol rasa stres

Berikut 5 Cara Mengatasi Nyeri Haidsiddhiyoga.com

Bagi sebagian perempuan yang mengalami nyeri haid tentu harus lebih menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Stres dapat memicu rasa sakit yang berlebihan pada perutmu. Untuk itu, sebaiknya belajarlah untuk mengontrol rasa stres.

Dengan mencoba kelima cara mengatasi nyeri haid di atas, kamu sudah nggak perlu tersiksa dengan rasa kram yang melanda perutmu. Semoga artikel yang satu ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Begini Solusi Cepat dan Mudah Atasi Rasa Nyeri Saat Haid