Untuk tampil maksimal, ternyata gaya pakaian dan makeup saja nggak cukup lho! Ada hal lain yang penting untuk diperhatikan yaitu aroma badanmu. Karena jika kamu sudah tampil all out namun aroma badanmu menegluarkan bau tak sedap, hal tersebut tentunya dapat menghancurkan keseluruhan tampilanmu. Menghindari hal itu, penting banget lho untuk menjaga aroma badan agar terhindar dari bau tak sedap. 

Walaupun sudah banyak produk yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi bau badan, seperti deodoran atau parfum, namun tetap saja bahan kimia yang terkandung di dalamnya nggak baik untuk kesehatan tubuhmu. Untuk itu, kamu memerlukan opsi perawatan lain yaitu menggunakan bahan alami. Pada artikel kali ini, Popbela akan membahas cara menghilangkan bau badan secara alami yang bisa kamu coba. Mau tahu apa saja? keep scrolling!

1. Lavender oil

Begini 7 Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami100percentpure.com

Tumbuhan lavender dikenal sejak dulu dapat mengatasi bakteri penyebab bau badan dan memberikan keharuman dengan aroma yang lembut untuk badanmu. Cara penggunaannya, cukup campurkan 10 tetes essential oil lavender dengan 3 sdt tepung kanji dan 2 sdt baking soda. Setelah mencampur ketiga bahan tersebut, diamkan selama beberapa hari di tempat bertemperatur dingin. Campuran bahan tersebut pun dapat digunakan sebagai bedak yang dapat diaplikasikan pada bagian badanmu yang mengeluarkan bau tak sedap seperti ketiak.

2. Teh hijau

Begini 7 Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alaminine.com.au

Kandungan antioksidan dan tannic acid yang terdapat pada teh hijau dapat mengatasi bau badan secara ampuh. Kamu bisa menggunakan teh hijau sebagai toner yang dapat dibaurkan pada beberapa bagian tubuhmu yang mengeluarkan keringat berlebih. Cara lainnya, kamu pun bisa meminumnya 1 gelas kecil sebelum makan untuk mengatasi bau badan dari dalam.

3. Baking soda

Begini 7 Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alamidentalblu.com

Baking soda nggak hanya dikenal sebagai bahan dapur, tetapi juga dikenal sebagai salah satu bahan alami yang ampuh untuk mengatasi bau badan. Selain dapat dicampur dengan air biasa, baking soda pun dapat kamu campur dengan sabun mandi yang biasa kamu gunakan sehari-hari. Kandungan pada baking soda dapat menetralkan asam pada tubuh dan menyerap kelembapan pada badan sehingga badanmu terbebas dari bau tak sedap.

4. Air lemon

Begini 7 Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alamigoodhousekeeping.com

Salah satu penyebab badanmu bau adalah berkembangnya bakteri pada badanmu. Buah lemon pun dapat bekerja dengan menghambat berkembangnya bakteri penyebab bau badan dengan menurunkan pH badan dan menjaganya agar tetap segar sepanjang hari. Untuk menggunakannya, cukup iris buah lemon secara tipis, kemudian gosokkan pada bagian tubuhmu yang sering berkeringat seperti ketiak, belakang leher, punggung, dan lain-lain.

5. Seledri

Begini 7 Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alamimyfitnesspal.com

Menjadi salah satu cara mengatasi bau badan secara alami, daun seledri dikenal dengan kandungan klorofilnya yang nggak hanya dapat mengatasi bau badan tetapi juga dapat mengatasi bau mulut. Cukup masukkan daun seledri ke dalam panci berisi air, kemudian rebus selama 5 menit, minum airnya sebagai obat ampuh mengatasi bau badan dari dalam.

6. Air mawar

Begini 7 Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alamimedicalnewstoday.com

Cara mengatasi bau badan secara alami lainnya adalah dengan menggunakan air mawar yang kamu bisa buat sendiri sebagai body spray-mu lho. Cukup ambil beberapa kelopak mawar pilihan, masukkan ke dalam air yang dicampur sedikit air. Kemudian kamu pun sudah dapat menggunakannya langsung.

7. Jus tomat

Begini 7 Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alamisimplyrecipes.com

Buat kamu yang suka berendam air hangat, kamu juga bisa sekalian mengatasi bau badan dengan menggunakan buah tomat yang sudah dihancurkan dan dicampurkan pada bath tub yang berisi air hangat. Berendam selama 20 sampai 30 menit dapat menjadi cara menghilangkan bau badan secara alami yang sangat ampuh untuk dilakukan. Ini karena sifat asam pada tomat dapat membunuh bakteri penyebab bau badan dan sifat astringent-nya dapat mengurangi produksi keringat berlebih.

Nah, itu dia 7 cara mengatasi bau badan secara alami yang dapat kamu coba segera. Dari mulai mengaplikasikan bahan alami langsung pada tubuh, meracik beberapa bahan alami, atau meminumnya, kamu dapat memilih salah satu cara mengatasi bau badan secara alami sesuai dengan bahan favoritmu. Selamat mencoba ya Bela!

Baca Juga: Atasi Bau Badan Tak Sedap dengan 5 Deodoran Berbahan Natural Ini Yuk!