Kekurangan darah atau yang biasa dikenal dengan nama anemia ini adalah suatu kondisi ketika tubuh seseorang kekurangan jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin. Seseorang yang mengalami anemia, biasanya akan tampak dengan berbagai ciri seperti sakit kepala yang menyerang, mudah lelah, sulit untuk berkonsentrasi, atau bahkan bisa pingsan. Walaupun anemia tergolong sebagai salah satu penyakit darah, namun anemia sudah tidak asing lagi dan kerap kali dialami oleh banyak orang. 

Setelah diteliti, penyebab anemia pun sangatlah beragam, dari mulai dikarenakan faktor genetik, menstruasi, proses operasi, asupan gizi yang kurang, atau tubuh mengidap suatu penyakit tertentu. 

Kelihatannya, anemia tidaklah berbahaya, padahal sebetulnya jika dibiarkan, anemia bisa menyebabkan kematian lho. Untuk itu, penting sekali untuk mencari tahu beberapa cara mengatasi anemia. Tak perlu bingung, karena itulah yang akan Popbela bahas di artikel yang satu ini!

1. Perbanyak konsumsi makanan tinggi zat besi

7 Cara Mengatasi Anemia dengan Mudahistockphoto.com

Untuk menyeimbangkan tubuh yang kekurangan zat besi, tentu saja sebagai langkah cara mengatasi anemia yang pertama bisa kamu lakukan ialah dengan memperbanyak konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung tinggi zat besi seperti daging merah, ati ayam, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan jenis makanan laut. 

2. Konsumsi suplemen penambah darah

7 Cara Mengatasi Anemia dengan MudahAllure.com

Selain mengonsumsi makanan tinggi zat besi, cara mengatasi anemia lainnya yang lebih mudah dan cepat dilakukan yaitu mengonsumsi pil penambah darah yang sekarang ini banyak tersedia di berbagai apotek maupun supermarket. Biasanya, seseorang yang mengonsumsi pil penambah darah dapat langsung merasakan efeknya seperti lebih berstamina.

3. Banyak minum air putih

7 Cara Mengatasi Anemia dengan Mudahhautepunch.com

Walaupun jarang disebut sebagai cara mengatasi anemia, namun secara tidak langsung, banyak mengonsumsi air putih dapat membantu penderita anemia menjadi lebih bugar dan segar. Untuk itu, jangan pernah melewati bagian yang satu ini dan perbanyaklah konsumsi air putih setiap harinya!

4. Milikilah waktu tidur yang berkualitas

7 Cara Mengatasi Anemia dengan Mudahmybeautymatches.com

Disamping dari mengonsumsi makanan tinggi zat besi dan banyak minum air putih, tentu saja cara mengatasi anemia selanjutnya yang dapat kamu lakukan ialah dengan memperhatikan waktu tidurmu, Bela! Hindari begadang karena dapat menyebabkan tubuh menjadi semakin lemas dan tidurlah dengan waktu normal yang sudah ditetapkan.

5. Jangan melewatkan sarapan

7 Cara Mengatasi Anemia dengan MudahPinterest.com

Penderita anemia biasanya sangat mudah merasa kelelahan dan bisa menyebabkan tubuh menjadi drop. Untuk itu, tubuh pun sangat memerlukan energi ketika hendak beraktivitas dan itu sebabnya kamu tak boleh melewati sarapan. Cara mengatasi anemia yang satu ini cukup membantumu untuk menghindari rasa mudah lelah dan tubuh dapat terasa segar sepanjang hari.

6. Tingkatkan asupan vitamin C

7 Cara Mengatasi Anemia dengan Mudahart8amby.wordpress.com

Perlu diketahui, bahwa makanan dengan kandungan vitamin C seperti jeruk, nanas, brokoli, dan jenis makanan lainnya dapat membantu memaksimalkan penyerapan zat besi pada tubuh. Jadi, dengan memperbanyak asupan vitamin C, maka dapat disebut juga sebagai salah satu cara mengatasi anemia yang cukup ampuh.

7. Konsultasikan ke dokter

7 Cara Mengatasi Anemia dengan MudahPinterest.com

Nah, jika keenam cara mengatasi anemia di atas tak juga dapat membantumu, sepertinya langkah cara yang harus kamu lakukan ialah dengan segera mengonsultasikan ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya dan juga untuk mendapat penanganan langsung dari dokter.

Jadi, buat kamu penderita yang memiliki kesulitan dalam mencari cara mengatasi anemia, itu dia beberapa caranya yang bisa kamu langsung praktekkan sendiri. Semoga artikelnya bermanfaat ya, Bela!

Baca Juga: Inilah Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Darah Rendah