Siapapun tahu dengan jenis virus yang satu ini. Yup, HIV merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh semakin mudah terserang berbagai penyakit. HIV pun termasuk kedalam salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Hal tersebut membuat HIV sangat ditakuti semua orang karena dapat menyerang siapapun tanpa mengenal usia dan gender. 

Melihat hal itulah, penting sekali untuk melakukan cara mencegah HIV agar terhindar dari virus mematikan yang satu ini. Buat kamu yang ingin tahu caranya, yuk baca terus artikelnya sampai habis.

1. Mengenal lebih lagi mengenai penyakit HIV

Langkah cara mencegah HIV yang paling utama bisa kamu lakukan tentu dengan memperlengkapi ilmu pengetahuan dengan mencari tahu dan mengenal lebih lagi mengenai HIV mulai dari penyebab hingga ciri-cirinya. Tentu saja cara yang satu ini juga dapat membuatmu menambah ilmu pengetahuan.

2. Sadar akan lebih menjaga kesehatan tubuh

Tak dapat dipungkiri, cara mencegah HIV lainnya ialah menjaga kesehatan tubuhmu dengan melakukan berbagai cara dari mulai memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, rajin berolahraga, mengonsumsi vitamin, memiliki waktu tidur yang berkualitas, dan beberapa gaya hidup sehat lainnya.

3. Hindari bertukar jarum suntik

Penting Untuk Diketahui, Ini 7 Cara Mencegah HIV Yahoo.com

Kamu semua pasti sangat tahu bahwa saling bertukar jarum suntik atau menggunakan jarum yang tidak higienis dapat menjadi salah satu pemicu virus HIV yang menyerang tubuh. Untuk itu, sebagai cara mencegah HIV yang dapat kamu lakukan ialah lebih memperhatikan penggunaan jarum yang hendak kamu gunakan.

4. Jangan menyentuh cairan orang dengan sembarangan

Penting untuk diketahui, sebagai salah satu langkah cara mencegah HIV, tentu kamu juga harus lebih berhati-hati jika ingin menyentuh cairan orang lain, bisa berupa darah, sperma, dan air liur. Karena tak ada yang tahu bahwa teman atau orang sekitar kita terserang oleh virus HIV.

5. Rutin memeriksa kesehatan tubuh

Cara mencegah HIV selanjutnya ialah dengan rutin memeriksa kesehatan tubuh terutama saat kamu sudah menikah atau saat sedang hamil. Penting untuk dilakukan agar menjaga tertularnya virus HIV kepada orang disekitar dan berjaga jika saja tubuhmu terserang virus mematikan yang satu ini.

6. Hindari melakukkan hubungan seks diluar pernikahan

Penting Untuk Diketahui, Ini 7 Cara Mencegah HIV Healthcare2U.com

Sebagai cara mencegah HIV, kamu juga harus menjaga hal yang satu ini yaitu hindari melakukan hubungan seks diluar pernikahan karena tak ada yang tahu bahwa pasangan kita terserang virus HIV atau tidak.

7. Melakukan tes saat hendak menikah

Tak hanya menghindari untuk melakukan hubungan seks diluar pernikahan, tetapi penting juga untuk melakukan tes saat hendak menikah sebagai salah satu cara mencegah HIV. Hal tersebut guna untuk mengetahui bahwa pasangan kita mengidap virus yang satu ini atau tidak dan jika iya, dokter akan memberikan cara penanggulangan yang tepat.

Nah, jadi itu dia beberapa cara mencegah HIV yang dapat kamu lakukan Bela. Sederhana dan mudah untuk dilakukan bukan? Yuk mulai menjaga tubuh lebih lagi!

Baca Juga: Penting untuk Waspada, Kenali 7 Penyebab HIV Berikut Ini!