Bagi seluruh perempuan, menjaga kebersihan miss V merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang area tersebut. Selain menjaga kebersihan celana dalam, tentunya kamu juga harus membersihkan miss V dengan benar. Buat kamu yang masih bingung dengan cara untuk membersihkan miss V yang benar, simak artikel berikut ini yuk!

1. Menggunakan sabun khusus area kewanitaan

Ternyata Begini Cara Membersihkan Miss V yang Benarkindersoaps.com

Agar miss V bersih dengan maksimal, kamu bisa menggunakan sabun khusus pembersih area kewanitaan yang diperkaya dengan beberapa kandungan untuk membasmi bakteri penyebab area miss V gatal dan bau. 

Namun, walaupun baik untuk digunakan, sabun khusus area kewanitaan tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari karena dapat merusak keseimbangan pH pada area kewanitaan, sebaiknya gunakan cukup 2 kali dalam seminggu.

2. Membersihkan dengan lembut

Ternyata Begini Cara Membersihkan Miss V yang BenarShutterstock.com

Sebelum membersihkan area miss V, pastikan tanganmu bersih terlebih dahulu agar terbebas dari kuman. Mulai dengan membersihkan area tersebut dengan gerakan yang lembut dan hindari menggosok terlalu kencang karena dapat menyebabkan iritasi pada bagian miss V dan sekitarnya.

3. Melakukan dengan gerakan depan ke belakang

Ternyata Begini Cara Membersihkan Miss V yang Benarhellosehat.com

Selain dengan lembut, tentunya kamu juga harus memperhatikan gerakan saat membersihkan area kewanitaan. Gerakan yang benar ialah memulai dari area kewanitaan ke arah belakang. Hindari melakukan gerakan dari belakang ke depan karena dapat membawa bakteri dari bagian bokong yang dapat menyebabkan penyakit.

4. Menggunakan air dingin

Ternyata Begini Cara Membersihkan Miss V yang Benarthebestflushingtoilet.com

Walaupun membersihkan area miss V dengan air hangat terasa lebih nyaman, namun yang perlu kamu ketahui bahwa suhu hangat hanya dapat mengangkat kelembapan alami area miss V. Jadi, sebaiknya gunakan air dengan suhu dingin untuk menjaga kelembapan area kewanitaanmu.

5. Keringkan dengan menggunakan handuk lembut

Ternyata Begini Cara Membersihkan Miss V yang Benarimbringingbloggingback.com

Usai membersihkan area miss V, keringkan area tersebut menggunakan handuk kering yang memiliki bahan lembut untuk menjaga area kewanitaan dari iritasi ringan yang dapat mengakibatkan bakteri berkembang.

Itu dia 5 cara membersihkan area miss V yang benar sehingga area tersebut lebih terawat dan terjaga kesehatannya. Semoga artikelnya bermanfaat ya Bela!

Baca Juga: Waspada, 5 Hal Ini Bisa Bikin Miss V Jadi Terasa Kering