Makan memang merupakan salah satu aktivitas yang tak dapat lepas dari kehidupan setiap makhluk hidup. Aktivitas yang satu ini memiliki manfaat yang sangat dibutuhkan untuk tubuh salah satunya ialah menambah energi. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa sehabis makan, pasti setiap orang merasakan rasa kantuk yang luar biasa. Hal tersebut tentunya dapat membuat siapapun langsung tertidur dengan pulas. 

Walaupun mungkin rasanya waktu tidur terasa sangat nyenyak, namun ternyata ada beberapa dampak buruk yang disebabkan tidur setelah makan. Dampak buruk tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan tubuhmu lho! Maka dari itu, kamu pun wajib sekali memperhatikan beberapa bahaya tidur setelah makan. Penasaran kan? Yuk simak terus artikelnya ya Bela!

1. Berat badan menjadi naik

Kenali Bahaya Tidur Setelah MakanDiatrofi.gr

Hal berbahaya yang dapat terjadi saat tidur setelah makan yang sering terjadi ialah naiknya berat badan. Tak dapat dipungkiri bahwa tubuhmu memerlukan waktu untuk dapat mencerna makanan yang sudah kamu konsumsi. Jika kamu langsung tidur setelah makan, jangan kaget jika berat badanmu menjadi naik dikarenakan tubuhmu tak dapat mencerna makanan dengan baik.

2. Terjadi penumpukan lemak

Kenali Bahaya Tidur Setelah Makansculptaway.com

Selain berat badan menjadi naik, maka hal bahaya lainnya yang disebabkan tidur setelah makan ialah terjadinya penumpukan lemak pada beberapa bagian tubuhmu seperti paha, perut, lengan, dan beberapa bagian lainnya yang membuat bentuk tubuhmu tidak proposional. Jika hal tersebut tak ingin terjadi padamu, sebaiknya sempatkan beraktivitas ringan seperti berjalan atau melakukan hal lainnya agar terhindar dari rasa kantuk yang tak dapat dihindari.

3. Menyebabkan diabetes

Kenali Bahaya Tidur Setelah Makanaspiretrainingteam.co.uk

Hal berbahaya yang disebabkan tidur setelah makan adalah meningkatnya kadar gula pada tubuhmu sehingga dapat menyebabkan diabetes. Untuk itu, hindari tidur setelah makan juga kurangi makanan yang memicu terjadinya diabetes.

4. Pencernaan terganggu

Kenali Bahaya Tidur Setelah Makanwell-beingsecrets.com

Hal yang wajib kamu lakukan setelah makan ialah duduk sebentar kemudian lanjutkan dengan beraktivitas ringan untuk membiarkan makanan yang masuk dapat dicerna dengan baik. Karena salah satu bahaya tidur setelah makan adalah dapat membuat makanan yang kamu makan tidak masuk ke lambung dengan baik dan malah kembali ke arah tenggorokan dan mulut sehingga menyebabkan rasa mual yang tak tertahankan.

5. Menyebabkan maag

Kenali Bahaya Tidur Setelah Makanrd.com

Ternyata, resiko tidur setelah makan juga dapat menyebabkan penyakit maag yang sangat mengganggu aktivitas. karena ketika kamu tidur setelah makan, asam lambung otomatis akan naik dan menyebabkan nyeri dan mual yang tak tertahankan.

6. Berisiko penyakit jantung

Kenali Bahaya Tidur Setelah Makanmedicalnewstoday.com

Kebiasaan tidur setelah makan dapat menyebabkan penumpukan lemak yang tak hanya terjadi pada bagian tubuhmu saja, tetapi juga pada bagian pembuluh darahmu. Hal tersebut dapat menyebabkan resiko terjadinya penyakit jantung dan tentu dapat membahayakan nyawamu.

7. Menyebabkan stroke

Kenali Bahaya Tidur Setelah Makanblog.doctoroz.com

Beberapa penelitian mengatakan bahwa salah satu hal berbahaya yang diakibatkan tidur setelah makan ialah dapat meningkatkan refluks asam yang akan naik ke bagian dada sehingga tak hanya dapat menyebabkan rasa sesak yang luar biasa tetapi juga dapat menyebabkan stroke.

Wah, tidur setelah makan dapat menyebabkan beberapa hal yang cukup berbahaya bagi tubuh ya. Dari mulai dampak yang cukup ringan hingga dampak yang sangat berbahaya hingga menyebabkan kematian. Supaya beberapa hal tersebut tidak terjadi padamu, sebaiknya setelah makan, hindari bersantai di kamar tidur atau sofa yang dapat membuatmu terlelap secara tak sadar. Jangan malas untuk melakukan aktivitas ringan yang dapat kamu lakukan setelah makan. 

Baca Juga: Nggak Susah, Ini Cara Berhenti Mengonsumsi Makanan Cepat Saji