Mencukur bulu ketiak memang sering dilakukan oleh banyak orang terutama kaum perempuan. Selain agar tidak risih, mencukur bulu ketiak juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri saat akan menggunakan pakaian yang terbuka. 

Walaupun mencukur ketiak memiliki manfaat yang sangat banyak. Namun, tahu nggak sih, kalau mencukur ketiak memiliki efek samping yang dapat membahayakan tubuhmu lho! Wah, mengejutkan bukan? Biar lebih tahu, simak terus artikel ini karena Popbela akan membahas beberapa bahaya mencukur ketiak yang membuatmu berpikir dua kali saat hendak mencukurnya.

Bahaya Mencukur Bulu Ketiak yang Wajib Kamu Ketahui

Salah satu hal bahaya mencukur ketiak yang terdengar familiar adalah menggelapnya kulit ketiak. Hal tersebut disebabkan oleh gesekkan alat pisau cukur yang terlalu sering sehingga menyebabkan area ketiak menjadi kering dan menggelap. Sebaiknya, cukur dengan gerakan yang lembut untuk mencegah kulit ketiak yang gelap.

Bahaya Mencukur Bulu Ketiak yang Wajib Kamu Ketahui

Tak dapat dipungkiri, bahwa rasa gatal yang ditimbulkan seusai mencukur ketiak merupakan salah satu bahaya mencukur ketiak yang dapat terjadi pada setiap orang, terlebih jika kamu memiliki kulit ketiak yang sensitif. Selain itu, pisau cukur yang berkarat juga dapat menyebabkan rasa gatal pada ketiakmu.

Bahaya Mencukur Bulu Ketiak yang Wajib Kamu Ketahui

Saat hendak mencukur bulu ketiak, sebaiknya lakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi hal bahaya mencukur ketiak yang satu ini. Beberapa orang pernah mengalami infeksi yang diakibatkan luka oleh pisau cukur yang terlalu tajam atau kurang gerakan mencukur yang terlalu kasar. 

Bahaya Mencukur Bulu Ketiak yang Wajib Kamu Ketahui

Meski hal yang satu ini lebih sering terjadi saat kamu mencabut bulu ketiak, namun ternyata pori-pori membesar juga dapat menjadi hal bahaya mencukur ketiak. Kulit ketiak sangatlah elastis, jika kamu sembarangan sembarangan mencukur bulu ketiak, maka pori-pori pada kulit ketiakmu dapat membesar.

Bahaya Mencukur Bulu Ketiak yang Wajib Kamu Ketahui

Jika kamu pernah menemukan bisul atau jerawat yang timbul pada bagian ketiakmu, ketahuilah bahwa hal tersebut merupakan bahaya mencukur ketiak lainnya yang dapat terjadi pada pria maupun perempuan. Sebaiknya perhatikan kebersihan pisau cukur yang hendak kamu gunakan dan jangan lupa membersihkan ketiak usai mencukurnya agar tidak ditumbuhi oleh bakteri.

Bahaya Mencukur Bulu Ketiak yang Wajib Kamu Ketahui

Salah satu bahaya mencukur ketiak ialah tumbuhnya bulu ketiak ke dalam. Walau terdengar cukup aneh, namun hal tersebut sangat berbahaya lho! Karena bulu ketiak yang tumbuh ke dalam biasanya tak dapat keluar dan hanya bisa menimbulkan benjolan yang harus segera diatasi.

Bahaya Mencukur Bulu Ketiak yang Wajib Kamu Ketahui

Kalau hal yang satu ini pastinya tak boleh disepelekan ya Bela. Menurut beberapa penelitian, mencukur bulu ketiak dapat menimbulkan beberapa risiko penyakit salah satunya ialah kelenjar getah bening. Hal bahaya mencukur bulu ketiak tersebut wajib untuk di waspadai ya!

Nah, itulah bahaya mencukur bulu ketiak yang pastinya mampu membuatmu lebih berhati-hati saat hendak mencukur bulu ketiak dan juga lebih menjaga kebersihan alat dan benda yang digunakan usai mencukur bulu ketiak. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: Ternyata Inilah Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinya