Seberapa sering sih kamu mengalami keterlambatan saat haid? Setiap peremuan memiliki siklus haid yang berbeda. Umumnya, haid terjadi rentang waktu 21 hingga 35 hari. Artinya satu bulan sekali haid normalnya terjadi entah di awal atau akhir bulan. Namun, ada saja perempuan yang mengalami haid terlambat.  

Umumnya, siklus haid diatur berdasarkan hormon di dalam tubuh. Berikut penyebab haid terlambat yang sering dialami perempuan. 

1. Penumpukan beban pikiran berujung stres

Obesitas Hingga Stres, Ini 5 Penyebab Menstruasi Datang TerlambatFreepik.com

Padatnya rutinitas sehari-hari membuat perempuan mudah mengalami stres. Tanpa disadari, saat stres hormon kortisol mengalami peningkatan bahkan melebihi jumlah hormon gonadotropin, estrogen dan pregesteron.  

Kondisi ini memicu terjadinya keterlambatan dalam proses pelepasan sel telur hingga akhirnya haid menjadi terlambat. Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa mengubah pola hidup lebih sehat. Misalnya, olahraga, konsumsi makanan sehat, tidur cukup dan berpikiran positif. 

2. Obesitas

Obesitas Hingga Stres, Ini 5 Penyebab Menstruasi Datang TerlambatPexels.com

Berat badan jadi salah satu faktor haid terlambat. Berat badan berlebih menurunkan kinerja hipotalamus yakni kelenjar dalam otak yang mengatur aktivitas dalam tubuh. Produksi hormon estrogen yang berlebihan memicu terjadinya pelepasan sel telur hingga akhirnya haid terlambat. Makanya, mulailah untuk menurunkan berat badan demi melancarkan haid. 

3. Penderita PCOS

Obesitas Hingga Stres, Ini 5 Penyebab Menstruasi Datang TerlambatFreepik.com

Perempuan yang mengalami PCOS memiliki kemungkinan lebih besar mengalami keterlamabatan haid. PCOS atau sindrom ovarium polikistik adalah gangguan hormonal yang menyebabkan pembesaran ovarium dengan tumbuhnya kista di bagian tepinya.  
Kondisi ini menghambat sel telur secara teratur, makanya haid jadi datang terlambat. 

4. Olahraga berlebihan

Obesitas Hingga Stres, Ini 5 Penyebab Menstruasi Datang TerlambatPexels.com/Alexy Almond

Ternyata aktivitas olahraga nggak melulu memberikan dampak positif pada tubuh. Perempuan yang melakukan olahraga secara berlebihan rentan mengalami haid terlambat. Keadaan fisik yang terlalu lelah juga mengganggu keseimbangan hormon hingga mengacaukan siklus haid.  

5. Penuaan dini

Obesitas Hingga Stres, Ini 5 Penyebab Menstruasi Datang TerlambatPexels.com/Min An

Memasuki usia yang lebih matang, perempuan mulai mengalami keterlambatan haid. Kejadian menopause atau penuaan dini membuat vagina terasa lebih kering dan meningkatkan kelenjar keringat. Bahkan, beberapa kasus mengalami haid terlambat lebih dari dua bulan. Bila kamu mengalami hal ini segera konsultasikan ke dokter ya.  

Itulah penyebab haid datang terlambat, pastikan kamu menghindari faktor-faktor tersebut ya.    

Baca Juga: 5 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam, Bahaya atau Normal Nih?