Minuman sarang burung walet kini tengah digandrungi masyarakat. Banyak yang mengklaim bahwa minuman yang dihasilkan dari burung walet ini menyimpan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, deretan selebgram kekinian tengah aktif mengonsumsi minuman sehat sarang burung walet.  

Minuman burung walet terbuat dari air liur burung walet yang telah mengeras. Air liur burung walet mengandung kalsium, zat besi, kalium dan magnesium dan protein. Tak hanya baik untuk kesehatan, sarang burung walet kerap dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik. 

Nutrisi sarang burung walet sudah terbukti mampu melindungi kecantikan kulit secara alami. Berikut ini deretan manfaat yang diberikan minuman sarang burung walet untuk kulit indahmu. 

1. Mencegah kerutan dan meremajakan kulit

Lagi Tren, 5 Manfaat Minuman Sarang Burung Walet Bagi KecantikanFreepik.com

Siapa sih yang nggak mau punya kulit kencang dan kenyal. Mengonsumsi sarang burung walet bisa jadi alternatif kamu dalam merawat dan melindungi kulit. Sarang burung walet mengandung kolagen yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi minuman sarang burung walet setiap hari.  

2. Menghilangkan flek hitam wajah

Lagi Tren, 5 Manfaat Minuman Sarang Burung Walet Bagi KecantikanFreepik.com

Seiring bertambahnya usia, flek hitam mulai terlihat di area wajah seperti pipi, bawah mata dahi. Minuman sarang burung walet mampu mengurangi produksi melanin pada kulit. Dengan begitu, kulit wajah yang mulanya ditumbuhi flek hitam bisa kembali menyamaratakan warna kulit seperti sedia kala. Selain itu, kulit juga terasa lebih lembap dan halus. 

3. Menjadikan kulit wajah lebih glowing

Lagi Tren, 5 Manfaat Minuman Sarang Burung Walet Bagi Kecantikanouthreadmag.com

Tingginya aktivitas dan paparan sinar matahari membuat wajah tampak lebih kusam. Bahkan, beberapa diantaranya membuat wajah terlihat lebih tua melebihi usianya. Kandungan hormon dan enzim pada minuman sarang burung walet membantu meregenerasi sel kulit sehingga bantu mencerahkan kulit. Jadi kamu nggak perlu khawatir kulit akan mengalami dehidrasi karena salycid acid pada sarang burung walet juga akan menekan kemungkinan munculnya kerutan pada wajah. 

4. Mengatasi kulit kering

Lagi Tren, 5 Manfaat Minuman Sarang Burung Walet Bagi KecantikanFreepik.com

Kulit kering merupakan salah satu permasalahan kulit yang dialami perempuan Asia termasuk Indonesia. Paparan sinar matahari yang menyengat membuat kulit mudah mengalami dehidrasi, kering, sampai bruntusan. 

Kondisi kulit kering umumnya terbagi dalam tiga tingkatan yakni rendah, sedang dan berat. Oleh sebab itu, konsumsi sarang burung walet bisa disesuaikan dengan tingkatan kondisi kulit kering yang dialami. Minum secara rutin selama 4 sampai 8 minggu.  

5. Bikin awet muda

Lagi Tren, 5 Manfaat Minuman Sarang Burung Walet Bagi KecantikanFreepik.com

Salah satu minuman sehat terbaik Asia ini berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Cocok banget nih buat kamu yang tinggal di perkotaan dengan paparan polusi tinggi. Selain itu, sebagai minuman yang tinggi serat, sarang burung walet kerap dijadikan sebagai bahan alami untuk menjadikan kulit tampak lebih muda.  

Baca Juga: Sarang Burung Walet Jadi Rahasia Sehat dan Awet Muda