Permasalahan yang sering dirasakan usai berolahraga adalah nyeri dan kram pada otot tubuh. Apalagi ketika sudah berusia 25 tahun ke atas, kondisi ini semakin sering dirasakan. Terjadinya kram dan nyeri otot bisa dikarenakan adanya penurunan pada peregangan jaringan otot, dehidrasi sampai kekurangan nutrisi.  

Oleh sebab itu, untuk menghindari tubuh dari gejala nyeri dan kram otot. Disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak penjelasan berikut ini.  

1. Kalsium

Kenali 5 Nutrisi untuk Hilangkan Nyeri dan Kram Otot Freepik.com

Ketika tubuh mengalami kekurangan kalsium maka terjadi gejolak pada saraf otot. Mulai dari pusing sampai kejang-kejang. Makanya, pastikan mengonsumsi kalsium secara optimal guna mencegah kondisi tersebut.  

Selain itu, minimnya pasokan kalsium dalam tubuh juga memicu penyakit osteopenia atau menurunnya kepadatan tulang. Seseorang yang kekurangan kalsium mudah merasakan kesemutan, pegal serta mati rasa di bagian tangan, kaki, pipi dan mulut. 

Kamu bisa mengonsumsi makanan seperti sayuran hijau, ikan, serta susu untuk mencukupi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan tubuh. 

2. Sodium

Kenali 5 Nutrisi untuk Hilangkan Nyeri dan Kram Otot Freepik.com

Pada dasarnya tubuh memerlukan keseimbangan untuk menopang saat beraktivitas. Caranya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung sodium guna menjaga saraf generasi impuls dan kontraksi otot. Bahan makanan terbaik yang mengandung banyak sodium yakni batang seledri.  

Seledri memiliki manfaat anti inflamasi atau anti peradangan, sehingga mampu memperbaiki peradangan organ minim efek samping. Kamu bisa mengukus atau langsung mengonsumsinya selama satu minggu.  

3. Magnesium

Kenali 5 Nutrisi untuk Hilangkan Nyeri dan Kram Otot Glutenfreehomestead.com

Magnesium dipercaya memiliki sumber energi yang besar untuk mengendalikan kontraksi otot dan menjadikannya lebih rileks. Kamu bisa mendapat magnesium dalam makanan seperti alpukat, kacang kedelai, kacang almond, pisang, coklat, yogurt, gandum dan lainnya. 

4. Kalium

Kenali 5 Nutrisi untuk Hilangkan Nyeri dan Kram Otot freepik.com/ spams

Tahu nggak sih, kalium memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Kalium menjaga fungsi saraf guna mengatur keseimbangan cairan yang dibutuhkan tubuh. Apabila kekurangan kalium maka secara mendadak otot terasa nyeri dan kram. Kalium dapat memberikan sinyal pada otak untuk menyampaikan reaksi otot seperti kram.  

Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi alpukat, pisang, yogurt, jamur, kentang panggang, salmon dan aprikot yang mengandung banyak kalium. 

5. Air

Kenali 5 Nutrisi untuk Hilangkan Nyeri dan Kram Otot Shutterstock/Makistock

Seperti yang sudah diketahui, air menjadi sumber kehidupan yang memengaruhi semua fungsi tubuh. Apabila kekurangan cairan maka dipastikan muncul rasa nyeri sampai kram pada otot. Makanya, pastikan kamu mencukupi air putih setiap hari. 

Baca Juga: 7 Tips Menghilangkan Kram Perut Saat Haid