Demi menunjang tubuh yang sehat dan kuat, setiap ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi selama masa kehamilan. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi vitamin guna menjaga tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Karena asupan makanan dan minuman yang sehat tidak melulu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh ibu hamil.  

Berikut ini deretan vitamin yang mampu memenuhi pasokan nutrisi dan gizi selama masa kehamilan hingga kelahiran bayi. 

1. Kalsium

Dear Bumil, Ini 5 Vitamin yang Wajib Dikonsumsi di Masa KehamilanPexels.com/Suzy Hazelwood

Penting sekali bagi seorang ibu hamil mengonsumsi kalsium di masa kehamilan. Karena janin dalam kandungan membutuhkan pasokan kalsium lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan tulangnya. Makanya agar ibu hamil tidak kehilangan kepadatan tulangnya, bumil wajib mengonsumsi kalsium secara teratur. 

2. Asam folat

Dear Bumil, Ini 5 Vitamin yang Wajib Dikonsumsi di Masa KehamilanPixabay.com/Silviarita

Zat asam folat memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia sejak masa kandungan. Pasalnya, asam folat mampu mencegah cacat lahir tabung saraf yang berdampak pada otak dan sumsum tulang belakang bayi. Pada trimester pertama dosis asam folat yang disarankan sekitar 4.000 mcg. Bila sebelumnya perempuan yang baru menikah dan belum hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat sekitar 400 mcg. Artinya ada peningkatan yang cukup besar.  

3. Vitamin C

Dear Bumil, Ini 5 Vitamin yang Wajib Dikonsumsi di Masa KehamilanFreepik.com

Di masa kehamilan vitamin C bertugas untuk melindungi tubuh bumil dari radikal bebas dan penyerapan zat besi. Sehingga selama menjalani kehamilan, ibu hamil minim mengalami risiko anemia. 

4. Yodium

Dear Bumil, Ini 5 Vitamin yang Wajib Dikonsumsi di Masa KehamilanFreepik.com

Demi meminimalisir kemungkinan buruk pada bayi baru lahir, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung yodium. Ibu hamil yang kekurangan yodium berpeluang mengalami keguguran. Sedangkan pada bayi baru lahir bisa mengalami gangguan pertumbuhan dalam kandungan, cacat mental dan tuli. 

5. Sempurnakan dengan vitamin B kompleks

Dear Bumil, Ini 5 Vitamin yang Wajib Dikonsumsi di Masa Kehamilanfreepik.com/ detry

Vitamin B menjadi salah satu zat yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Di antaranya vitamin B1, B2, B3, B6 dan B12. Seluruh vitamin B tersebut memiliki berbagai manfaat seperti mengatur sistem saraf, mempertahankan energi sampai membantu ibu hamil dalam pembentukan sel darah merah.  

Seluruh vitamin yang dibutuhkan ibu hamil bisa didapatkan secara mudah dari bahan-bahan makanan seperti sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. 

Baca Juga: Enak, Ini 10 Makanan Ibu Hamil Supaya Bayi Terlahir Cerdas