Gangguan haid bisa terjadi dalam berbagai macam kondisi. Mulai dari perubahan siklus haid sampai perubahan warna darah. Ketidakseimbangan hormon disinyalir menjadi faktor utama yang memengaruhi hal tersebut. Minimnya informasi terkait perubahan warna haid dari merah ke hitam seolah menjadi permasalahan yang masih 'abu-abu' bagi sebagian perempuan.  

Warna darah haid hitam umumnya disebabkan penurunan oksigen dalam darah. Sehingga kondisi ini membuat perubahan dalam warna darah haid, mulai dari merah menjadi kecoklatan kemudian hitam. Biar nggak bingung, berikut 5 penyebab darah haid menjadi warna hitam yang perlu kamu tahu.  

1. Darah haid hitam itu normal

5 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam, Bahaya atau Normal Nih? Freepik.com

Warna darah hitam saat haid merupakan kondisi normal yang biasa terjadi sebelum periode haid maupun di hari akhir haid. Jadi sebelum, periode haid itu terjadi, jaringan endometrium dalam tubuh lebih dulu mengeluarkan darah hitam sebagai permulaan. 

Lalu kok warnanya hitam? karena jarak periode haid bulan sebelumnya untuk mencapai periode haid bulan ini membuat tubuh kehilangan oksigen. Maka darah berwarna hitam sebelum mengeluarkan darah haid yang baru dan segar.  

2. Tumbuhnya tumor jinak pada dinding rahim

5 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam, Bahaya atau Normal Nih? Freepik.com

Penyebab darah haid hitam selanjutnya juga bisa dikarenakan gangguan yang dialami tubuh. Seperti fibroid yakni miom atau tumor jinak pada dinding rahim. Perempuan dengan kondisi ini, biasanya mengalami periode haid yang cukup lama dari periode haid biasanya. Selain itu tekstur darah cenderung menggumpal dan berwarna hitam. Apabila mengalami kondisi ini sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui tindakan selanjutnya. 

3. Ketidakseimbangan hormon

5 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam, Bahaya atau Normal Nih? Freepik.com

Warna hitam darah haid biasanya juga terjadi pada remaja yang baru saja mengalami menstruasi. Tubuh yang mengalami perubahan memerlukan adaptasi untuk menyeimbangkan hormon dari remaja menuju dewasa. Jadi buat kamu yang pernah atau sedang mengalami hal ini, tenang nggak perlu khawatir. Kondisi ini normal, kok!

4. Hamil

5 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam, Bahaya atau Normal Nih? Freepik.com

Perubahan warna darah haid dari merah menjadi hitam juga bisa menjadi tanda terjadinya kehamilan. Menjelang periode haid, perempuan akan mengalami flek hitam sekitar 25 - 30 persen dalam beberapa hari. Kondisi ini disebabkan oleh proses pembuahan sel telur pada dinding rahim. Terkadang perempuan salah mengira, darah hitam atau flek tersebut sebagai darah haid yang menandakan tidak hamil. Padahal darah hitam atau flek tersebut bisa jadi pertanda berkembangnya janin dalam rahim. 

5. Penyumbatan di dinding rahim

5 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam, Bahaya atau Normal Nih? Freepik.com

Polip rahim merupakan kondisi abnormal yang terjadi pada lapisan dinding rahim (endometrium). Polip rahim memiliki berbagai ukuran mulai dari sebesar biji wijen sampai bola golf. Sehingga kondisi ini kerap dinyatakan sebagai penyumbat dan mempersulit aliran darah dalam rahim. Hal inilah yang membuat darah haid berwarna hitam.  

Meskipun kondisi tersebut umum terjadi dalam siklus haid, sebaiknya kamu tetap waspada ya. 

Baca Juga: Pernah Mendapat Noda Kecokelatan Sebelum Haid? Ini Penjelasan Ahlinya!