Bulan Desember sudah tiba namun pandemi virus corona rupanya masih betah membuat kegelisahan di tengah kehidupan kita. Perasaan cemas dan khawatir seakan telah menyelimuti kita semua. Bila sudah begini, beban pikiran kian menumpuk hingga berujung stres. Demi menyelamatkan kesehatan mental di tengah kondisi darurat ini, kamu membutuhkan suatu upaya demi membangitkan semangat dan kepercayaan diri lagi.  

Berikut 5 cara mudah dan efektif untuk menenangkan pikiran dan menghindari stres berlebih. 

1. Selalu memastikan berpikiran positif dan menghindari pikiran negatif

Ini 5 Cara Tenangkan Pikiran Agar Bebas StresFreepik.com

Salah satu upaya membangkitkan kesehatan mental di situasi darurat yakni dengan berpikiran positif. Karena pikiran positif bisa membantumu melewati segala macam permasalahan yang ada. Cobalah untuk menganggap semua masalah yang terjadi saat ini hanyalah sebuah persepsi. Dengan begitu, kamu akan kembali fokus dan optimis kembali. 

2. Percayalah pengalaman adalah guru terbaik

Ini 5 Cara Tenangkan Pikiran Agar Bebas StresFreepik.com

Ketika sedang dirundung kecemasan, otomatis pikiran kamu akan kembali ke masa lalu membayangkan semua kejadian yang kurang mengenakan. Percayalah setiap kejadian di masa lalu bisa menjadi guru terbaik di hari ini. Daripada mengingat masa kelam, lebih baik kamu berpikiran jauh ke depan, yakinlah bahwa masa depan akan memberikan hasil yang lebih baik lebih bahkan melebihi harapanmu saat ini. 

3. Sedih boleh saja, asal jangan berlarut-larut

Ini 5 Cara Tenangkan Pikiran Agar Bebas StresFreepik.com

Merasakan kesedihan di suatu kondisi itu wajar. Namun, sebaiknya kamu tidak menjadikan kesedihanmu sebagai senjata untuk meratapi apa yang terjadi saat ini. Tenangkan pikiran, lakukan kegiatan positif. Misalnya, jalan-jalan, mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, atau berbincang dengan teman. 

4. Berani bangkit agar tidak terjebak dalam kecemasan

Ini 5 Cara Tenangkan Pikiran Agar Bebas StresPexels.com/Liam Anderson

Terjebak dan larut akan pikiran yang menakut-nakuti diri sendiri justru sukar membantu kamu keluar dari masalah. Oleh sebab itu, berusahalah untuk berani bangkit dan sadar akan kondisi yang sedang dialami. 

5. Menjernihkan pikiran dengan meditasi

Ini 5 Cara Tenangkan Pikiran Agar Bebas StresPexels.com/Andrea Piacquadio

Meditasi bisa jadi alternatif menenangkan dan memfokuskan pikiran. Bicara dan kompromi lah dengan dirimu sendiri. Mengulas apa saja yang sudah kamu lewati. Mulailah dengan posisi duduk tegak sambil bersila. Tarik napas dalam-dalam kemudian hembuskan, ulangi hingga tiga kali. Cara sederhana ini bisa membantu kamu dalam mengontrol emosi serta meredam stres. 

Untuk menyempurnakan cara-cara yang kamu lakukan untuk mengurangi stress, jangan lupa lengkapi dengan berolahraga ya Bela!

Baca Juga: 5 Buku yang Cocok Dibaca untuk Kesehatan Mental Selama Pandemi

Baca Juga: Harimu Selalu Berantakan? Sudah Saatnya Kamu Menerapkan Manajemen Stress

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Pikiran Positif Dapat Memperpanjang Usia