Bela, sadarkah kamu bahwa setiap orang memiliki gaya atau kebiasaan makan yang berbeda. Ada yang menyantap habis semua makanan karena tak tega jika makanan sisa. Ada pula yang memang gampang lapar atau memang tak tahan jika melihat makanan. Well, buat kamu yang hobi makan tapi ingin tetap terlihat kurus, Popbela punya tipsnya untukmu yaitu dengan memahami karaktermu ketika makan.

Hobi Makan, Tapi Ingin Tetap Kurus? Bisa Kok!

Jika kamu termasuk yang hobi makan untuk melampiaskan emosi, cobalah untuk membuat jurnal makan. Catat semua makanan yang masuk ke tubuhmu dan berikan penjelasan perasaan yang kamu rasakan ketika mengonsumsinya. Catatan ini akan membuatmu memahami tubuhmu sendiri dan membuatmu tahu berapa banyak makanan tak sehat yang sudah masuk ke tubuhmu.

Hobi Makan, Tapi Ingin Tetap Kurus? Bisa Kok!

Ada pula yang makan karena kebiasaan, polanya sudah terbentuk, jadi meskipun tidak lapar jika dia merasa itu adalah jam makan maka dia akan makan. Nah jika kamu tipe yang seperti ini sebenarnya bagus, namun kamu perlu memastikan lagi semua makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yang sehat. Agar tidak kelebihan kalori dan justru berdampak negatif bagi tubuhmu.

Hobi Makan, Tapi Ingin Tetap Kurus? Bisa Kok!

Untukmu yang gampang tergoda pada makanan misalnya tampilan cupcake yang lucu atau eskrim yang warna-warni, cobalah untuk membuat distraksi. Yakinkan dirimu bahwa mereka tidak sepatutnya untuk masuk ke dalam tubuhmu.

Hobi Makan, Tapi Ingin Tetap Kurus? Bisa Kok!

Nah, ada lagi yang pola makannya dipengaruhi oleh obsesinya pada diet. Beragam cara diet dicoba, namun kurus tak juga jadi nyata. Untukmu yang seperti ini, usahakan untuk jangan terlalu kaku pada makanan. Nikmati makananmu dan pastikan kamu tidak stres, karena bisa jadi kamu tak kunjung mendapatkan hasil yang dimau karena stres dan tidak menikmati makananmu.

Hobi Makan, Tapi Ingin Tetap Kurus? Bisa Kok!

Ada juga yang nggak tega kalau lihat makanan nganggur jadi mending masuk perut. Kalau kamu tipe yang seperti ini, coba deh untuk makan dengan perlahan. Setelah makan dengan porsi yang cukup coba untuk berhenti makan selama 20 menit, agar otakmu bisa merespon apakah sebenarnya kamu sudah kenyang atau masih lapar.

Hobi Makan, Tapi Ingin Tetap Kurus? Bisa Kok!

Yang terakhir yaitu jika kamu tipe yang gampang lapar, cobalah untuk mengatur porsi makanmu dengan sesuai. Pastikan di masa snacking time kamu mengonsumsi buah dan sayur, bukan makanan cake, granola bar, atau cookies yang mengandung banyak gula dan kalori.

BACA JUGA: Intip 7 Makanan Sehat yang Berasal dari Seluruh Dunia