Selama pandemi virus corona masih berlangsung, sebagian besar pola hidup kita menjadi berubah. Mulai dari aktivitas sehari-hari, kebiasaan, hingga pola tidur. Yang tadinya tidur ketika malam hari, selama di rumah aja justru berubah menjadi tidak teratur.

Padahal, kebiasaan buruk ini membuat kamu menjadi tidak produktif lho, Bela. Karena kini kita segera menghadapi new normal, ada baiknya ubah pola tidur menjadi teratur kembali. Bagaimana caranya? Simak baik-baik ya! 

1. Makan malam paling lambat dua jam sebelum tidur

Yuk, Atur Kembali Pola Tidur Kamu dengan 7 Tips Ini! freepik.com

Selain membuat kenaikan berat badan, makan malam yang terlambat dapat membuat kesulitan tidur. Sebaiknya, makanlah dua hingga tiga jam sebelum tidur. Kebiasaan ini akan memberikan tubuh kamu cukup waktu untuk mencerna makanan. Makan malam di waktu yang sama setiap hari juga akan membuat tubuhmu terbiasa dengan rutinitas tersebut, lho!

2. Hindari minuman berkafein

Yuk, Atur Kembali Pola Tidur Kamu dengan 7 Tips Ini! freepik.com

Agar merasakan ngantuk ketika malam hari, sebaiknya kamu hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, atau minuman berenergi. Karena, kandungan kafein akan membuat kita lebih terjaga, fokus dan waspada. Ada baiknya, nikmati kopi atau teh sebelum sore hari, ya!

3. Minum susu hangat

Yuk, Atur Kembali Pola Tidur Kamu dengan 7 Tips Ini! theguardian.com

Ganti minuman berkafein dengan mengonsumsi susu hangat sebelum tidur. Karena, susu mengandung senyawa aktif triptofan yang mampu merangsang otak memproduksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon ini membuat kita merasa lebih tenang dan mengantuk. Agar lebih nikmat, kamu bisa sesuaikan dengan rasa favorit seperti coklat atau vanilla.

4. Mandi air hangat

Yuk, Atur Kembali Pola Tidur Kamu dengan 7 Tips Ini! freepik.com

Mandi dengan air hangat efektif untuk membuat rasa ngantuk datang. Menurut penelitian, mandi sebelum tidur dapat menurunkan suhu tubuh, meringankan ketegangan dan kecemasan, melembapkan kulit, serta membersihkan kulit secara menyeluruh. Selain itu, air hangat terbukti memberikan efek relaksasi pada tubuh sehingga dapat membuat tidur kita menjadi lebih nyaman dan nyenyak.

5. Buat kamarmu menjadi lebih nyaman

Yuk, Atur Kembali Pola Tidur Kamu dengan 7 Tips Ini! 

Buat kamar tidurmu menjadi lebih tenang dan nyaman. Pertama, pastikan kasur, bantal dan guling kamu memiliki kualitas yang baik. Lalu, jangan lupa untuk matikan lampu serta ciptakan suasana yang hening. Sebagai tambahan, kamu bisa oleskan essential oils di bantal. Dijamin, kamu ingin segera tidur! 

6. Lakukan peregangan ringan

Yuk, Atur Kembali Pola Tidur Kamu dengan 7 Tips Ini! healthline.com

Sempatkan waktu sekitar 10-20 menit untuk melakukan peregangan ringan sebelum tidur. Selama di rumah aja, otot kamu menjadi tegang dan kencang karena stres dan nggak banyak bergerak. Maka, peregangan sebelum tidur dapat membuat otot terasa lebih rileks. Kondisi ini membuat tubuh menjadi lebih nyaman untuk tidur.

7. Jauhkan handphone dari jangkauan

Yuk, Atur Kembali Pola Tidur Kamu dengan 7 Tips Ini! freepik.com

Scrolling Instagram sebelum tidur sudah menjadi rutinitas yang susah dihilangkan. Namun, kebiasaan ini menjadi salah satu penyebab utama kenapa orang kesulitan tidur. Oleh karena itu, singkirkan handphone-mu dan letakkan di tempat yang tidak terjangkau oleh tangan.