Masih di tengah pandemi virus corona, tentu saja kita harus terus menjaga kesehatan tubuh. Apalagi, kini sudah memasuki musim pancaroba, dimana daya tahan tubuh menjadi rentan terkena berbagai jenis penyakit. Untuk itu, penting bagi kita terus menjaga daya tubuh yang kuat. 

Selain rutin berolahraga, salah satu caranya adalah mencukupi kebutuhan vitamin. Namun, tahukah kamu vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh? Berikut lima jenis vitamin untuk daya tahan tubuh yang kamu perlukan!

1. Vitamin C

Biar Nggak Mudah Sakit, Ini 5 Jenis Vitamin untuk Daya Tahan Tubuhtasteofhome.com

Vitamin untuk daya tahan tubuh yang kamu perlukan salah satunya adalah vitamin C. Yups, Vitamin C berperan penting dalam penyerapan zat besi dari makanan, membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, dan membantu proses penyembuhan luka. Tak cukup sampai di situ saja, vitamin C juga menjaga kesehatan kulit, seperti mencerahkan dan mencegah dari jerawat. Untuk mendapatkan manfaat baik vitamin C, kamu bisa mengonsumsi aneka buah dan sayur seperti jeruk, kiwi, mangga, brokoli, tomat, dan lain sebagainya.

2. Vitamin D

Biar Nggak Mudah Sakit, Ini 5 Jenis Vitamin untuk Daya Tahan Tubuhmynews13.com

Punya banyak manfaat, vitamin D disebut sebagai vitamin dewa, karena berfungsi untuk menjaga sistem daya tahan tubuh, pencernaan, peredaran darah, dan saraf. Untuk itu, jangan lupa selalu penuhi kebutuhan vitamin D kamu setiap hari. Caranya sangat mudah, yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari selama 10-15 menit. Jangan lupa untuk gunakan sunscreen terlebih dahulu, ya! 

3. Vitamin B6

Biar Nggak Mudah Sakit, Ini 5 Jenis Vitamin untuk Daya Tahan Tubuhtimesofindia.indiatimes.com

Tubuh kita sangat membutuhkan vitamin B6 karena berfungsi sebagai pembuat sel imun yang dapat melawan mikroba berbahaya. Selain itu, vitamin B6 juga nutrisi yang penting bagi fungsi dan perkembangan saraf otak. Sehingga, penting banget mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 seperti sayuran, daging, ikan, telur, sereal, pisang, dan kacang-kacangan.

4. Vitamin A

Biar Nggak Mudah Sakit, Ini 5 Jenis Vitamin untuk Daya Tahan Tubuhthespruceeats.com

Ternyata, banyak sekali manfaat dari vitamin A. Selain, menjaga kesehatan mata, vitamin A juga mendukung sistem imunitas tubuh bekerja lebih optimal untuk mencegah infeksi. Selain itu, vitamin A juga membantu produksi dan kerja sel darah putih, yang berfungsi untuk menyerang bakteri/ virus yang masuk ke dalam tubuh. So, yuk konsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh yang satu ini!

5. Vitamin E

Biar Nggak Mudah Sakit, Ini 5 Jenis Vitamin untuk Daya Tahan Tubuhfitandelegant.com

Tak hanya baik untuk kesehatan kulit, nyatanya vitamin E juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Antioksidan sendiri berfungsi sebagai radikal bebas. Untuk itu, jangan pernah lupakan asupan vitamin E untuk tubuhmu. Makanan yang kaya vitamin E seperti aneka kacang-kacangan, sayur bayam, paprika, dan alpukat.

Jadi, itu dia lima jenis vitamin untuk daya tahan tubuh yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk memenuhi segala kebutuhan vitamin harian kamu ya, Bela. Stay healthy! 

Baca Juga: Kekurangan 7 Vitamin Ini Dapat Membuatmu Sulit Tidur

Baca Juga: Tingkatkan Imunitas Tubuh, Ini 8 Makanan yang Kaya Vitamin C

Baca Juga: Ini 7 Mitos Tentang Vitamin Tambahan yang Wajib Diketahui