Kabar duka kembali datang dari panggung hiburan. Pasalnya, penyanyi ternama Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4) sekitar pukul 17.00 WIB di RS. Setia Mitra Jakarta Selatan. Beredar kabar bahwa sebelum menghembuskan napas terakhirnya, almarhum sempat masuk ICU dan dipasangkan ventilator. Diduga sebelum tutup usia, Glenn mengidap penyakit meningitis. Lantas, seperti apa penyakit yang merenggut nyawa lelaki bersuara emas ini? Simak baik-baik ya!

1. Apa itu meningitis?

Ini Fakta Meningitis, Penyakit yang Merenggut Nyawa Glenn Fredly stayathomemum.com.au

Meningitis merupakan penyakit yang menyerang lapisan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang mengalami peradangan. Anak-anak, remaja, dan usia muda memiliki resiko yang paling besar, walaupun begitu kondisi ini juga dapat menimpa orang dewasa, terlebih mereka dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Meningitis dikenal juga dengan radang selaput otak.

2. Gejala meningitis

Ini Fakta Meningitis, Penyakit yang Merenggut Nyawa Glenn Fredly freepik.com

Untuk mengetahui penyakit meningitis, akan ada beberapa gejala yang muncul. Diantaranya:

  • Demam dan menggigil, 
  • Leher terasa kaku
  • Ditemukan benjolan di kepala 
  • Mengalami kebingungan
  • Mual dan muntah 
  • Sensitif terhadap cahaya (photophobia) 
  • Sakit kepala 
  • Sering pingsan 

3. Penyebab meningitis

Ini Fakta Meningitis, Penyakit yang Merenggut Nyawa Glenn Fredly freepik.com

Di dasarkan penyebabnya, meningitis terbagi menjadi empat, Yaitu: 

  1. Meningitis bakterialis. Meningitis tipe ini disebabkan oleh bakteri. Ini adalah penyebab meningitis yang paling sering ditemukan.
  2. Meningitis virus. Kondisi ini menimbulkan gejala yang tergolong ringan dan dapat pulih dengan sendirinya. Meningitis yang disebabkan oleh virus dapat lebih mudah menyebar dibanding yang disebabkan oleh bakteri. Virus dapat menyebar melalui udara, seperti saat bersin atau batuk, berbagi penggunaan barang pribadi, atau menyentuh benda yang terkontaminasi.
  3. Meningitis jamur. Meningitis tipe ini biasanya menyerang seseorang yang memiliki sistem imun lemah. Penyebaran jamur dapat melalui tanah atau debu yang terkontaminasi dan terhirup oleh penderita
  4. Meningitis parasit. Parasit penyebab meningitis, seperti Angiostrongylus cantonensis dan Baylisascaris procyonis, tidak disebarkan melalui kontak langsung. Parasit ini umumnya terdapat pada hasil bumi, serta kotoran, makanan, dan hewan.

Baca Juga: Glenn Fredly Meninggal Dunia, Ini Penyebabnya

Baca Juga: Mengenang Glenn Fredly, Ini 10 Lagunya yang Hits Sepanjang Masa

Baca Juga: Apresiasi Tenaga Medis, Ini Isi Tweet Terakhir Glenn Fredly