Punya perut buncit nggak hanya menganggu kesehatan, tetapi juga dapat memengaruhi kepercayaan diri. Mau kenakan baju favorit yang pamer perut pasti jadi nggak nyaman dan akhirnya hanya tersimpan rapih di lemari. Pasti nggak mau kan hal ini terjadi? 

Nah, selain menjaga asupan makanan, mengecilkan perut juga bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Nggak perlu yang berat atau terlalu menguras energi kok, kamu bisa mulai dengan rutin melakukan tujuh olahraga ringan di bawah ini. Apa saja? Simak baik-baik, ya! 

1. Berenang

Efektif Mengecilkan Perut, Ini 7 Olahraga Ringan yang Wajib Kamu Cobaz3r0d.com

Ternyata, banyak sekali manfaat baik yang bisa didapatkan dari rutin berenang. Mulai dari menurunkan tekanan darah, memperkuat otot, membakar kalori, hingga mengecilkan perut. Untuk itu, kamu disarankan untuk berenang selama 30 menit dan dilakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu. Jika memilih kolom renang outdoor, jangan lupa untuk kenakan sunscreen agar kulit tidak mudah terbakar, ya!

2. Hula hoop

Efektif Mengecilkan Perut, Ini 7 Olahraga Ringan yang Wajib Kamu Cobapinterest.com

Selain menyenangkan, rutin melakukan hula hoop juga berfungsi untuk mengecilkan perut secara efektif. Ketika menggerakan perut dengan gerakan melingkar, maka lemak dibagian perut ikut terbakar. Melakukan hula hoop selama 30 menit kamu bisa membakar kalori sekitar 150-200 kalori, lho. Selain itu, hola hoop juga dapat merampingkan bagian paha dan mengencangkan pinggul. Banyak sekali ya manfaatnya!

3. Jogging

Efektif Mengecilkan Perut, Ini 7 Olahraga Ringan yang Wajib Kamu Cobawestend61.de

Cukup menggunakan baju olahraga, celana training, dan sepatu, kamu bisa mendapatkan perut rata dan berat badan ideal. Rutin melakukan jogging bermanfaat untuk menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengecilkan perut. 

Agar hasil maksimal, biasakan jogging sekitar 3-4 kali dalam seminggu dalam durasi sekitar 30-45 menit. Biar lebih menyenangkan kamu bisa ajak teman atau keluarga untuk jogging bersama-sama, dijamin jadi lebih semangat!

4. Sit Up, Push Up, Back Up

Efektif Mengecilkan Perut, Ini 7 Olahraga Ringan yang Wajib Kamu Cobathesun.co.uk

Selain bisa dilakukan dimana saja dan kapan aja, sit up, push up dan back up efektif banget untuk mengecilkan dan mengencangkan perut. Nggak hanya itu, tiga gerakan ini dapat membakar kalori dengan waktu yang singkat. Tentu saja, untuk hasil maksimal pastikan lakukan tiga gerakan ini setiap hari sebanyak tiga set. 

5. Bersepeda

Efektif Mengecilkan Perut, Ini 7 Olahraga Ringan yang Wajib Kamu Cobasixthreezero.com

Olahraga yang sedang hits ini menyimpan banyak sekali manfaat baik untuk tubuh, salah satunya adalah mengecilkan perut. Jika dilakukan secara rutin maka lemak dibagian perut akan mudah terbakar dan bagian paha serta betis juga akan mengecil. Oiya, ketika bersepeda jangan lupa untuk selalu jaga keselamatan, ya!

6. Lompat tali

Efektif Mengecilkan Perut, Ini 7 Olahraga Ringan yang Wajib Kamu Cobawomenshealthmag.com

Skipping menjadi salah satu olahraga ringan yang dapat membakar kalori, menjaga kesehatan jantung, dan bisa kamu lakukan di rumah. Ketika berolahraga lompat tali sekitar 20 menit diperkirakan dapat membakar hingga 200 kalori. Karena hampir semua anggota tubuh bergerak saat olahraga lompat tali, maka baik sekali bagi kamu yang ingin mengurangi berat badan dan mengecilkan perut. 

7. Squat

Efektif Mengecilkan Perut, Ini 7 Olahraga Ringan yang Wajib Kamu Cobaself.com

Olahraga perpaduan antara jongkok dan berdiri ini wajib kamu lakukan jika menginginkan perut yang rata. Gerakan squat akan membakar kalori di perut dan memperlancar buang air besar. Sehingga, perut akan menajdi lebih rata dan siap kenakan baju croptop favorit kamu! 

So, itu dia tujuh olahraga ringan yang efektif untuk mengecilkan perut. Jangan lupa, untuk atur pola makan dan penuhi konsumsi air mineral agar perut rata bukan lagi impian! 

Baca Juga: Punya Body Goals, Begini 10 Potret Seleb Korea Ketika Berolahraga

Baca Juga: Mau Punya Perut Rata? Intip Rahasia Diet 7 Aktris Bollywood

Baca Juga: Lagi Ngetren, 7 Seleb Indonesia Ini Juga Ikut Olahraga Bersepeda