Akhir-akhir ini, banyak selebritas yang tersandung kasus narkoba. Alasan mereka menggunakan obat terlarang ini karena tekanan pekerjaan dan rasa stres yang mengintai. Salah satu jenis narkotika yang kerap digunakan adalah ganja karena dapat memberikan rasa senang. 

Narkoba merupakanobat herbal yang terdiri dari daun, bunga, dan tunas tanaman Cannabis sativa. Pada tanaman ganja, terdapat dua komponen utama, yaitu THC dan CBD. Tidak selalu buruk, ganja ternyata juga baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara tepat dan diawasi dokter. Melansir dari beberapa sumber, berikut lima manfaat konsumsi ganja untuk kesehatan!

1. Memperbaiki gejala lupus serta gangguan autoimun

Nggak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Ganja Bagi Kesehatanmyjewishlearning.com

Ganja medis dipercaya dapat mengobati gangguan autoimun yang disebut Systemic Lupus Ertyhematosus, yaitu ketika tubuh mulai menyerang dirinya sendiri karena alasan yang tidak diketahui. Beberapa bahan kimia yang ada dalam ganja bertanggung jawab untuk menenangkan sistem kekebalan tubuh, yang mungkin merupakan alasan untuk membantu mengatasi gejala-gejala lupus. 

2. Dapat mencegah Alzheimer

Nggak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Ganja Bagi Kesehatangeneticliteracyproject.org

THC, bahan aktif yang ada dalam ganja dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer. Dalam sebuah penelitian tahun 2006 yang dipimpin oleh Kim Janda dari Scripps Research Institute menemukan, THC dapat memperlambat pembentukan amyloid plaques dengan menghalangi enzim di otak yang membuatnya. Plaques ini membunuh sel-sel otak, dan berpotensi menyebabkan penyakit Alzheimer.

3. Meringankan arthritis

Nggak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Ganja Bagi Kesehataneurekalert.org

Pada tahun 2011, para peneliti menemukan bahwa ganja dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, serta membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Sehingga, membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan bagi penderita rheumatoid arthritis.

Para peneliti dari unit reumatologi di beberapa rumah sakit memberikan pasien mereka Sativex, obat penghilang rasa sakit berbasis cannabinoid. Setelah dua minggu, pasien yang menggunakan Sativex mengalami pengurangan nyeri yang signifikan, serta memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

4. Memperlambat dan menghentikan sel kanker menyebar

Nggak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Ganja Bagi Kesehatanyalemedicine.org

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Cancer Therapeutics, bahwa kandungan Cannabidiol memiliki kemampuan untuk menghentikan kanker dengan mematikan gen yang disebut Id-1.

Hal ini sudah dibutikan pada tahun 2007, para peneliti di California Pacific Medical Center di San Francisco, melaporkan bahwa CBD dapat mencegah penyebaran kanker. Para peneliti bereksperimen pada sel-sel kanker payudara di lab yang memiliki tingkat Id-1 yang tinggi, dan mengobatinya dengan cannabidiol.

Hasilnya agak positif, sel-sel mengalami penurunan ekspresi Id-1, dan penyebaran menjadi kurang agresif. Selain itu, American Association for Cancer Research telah menemukan bahwa ganja sebenarnya bekerja untuk memperlambat pertumbuhan tumor di otak, payudara, dan paru-paru dengan baik.

5. Mengontrol kejang epilepsi

Nggak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Ganja Bagi Kesehatanverywellhealth.com

Sebuah studi di tahun 2003 menunjukkan bahwa penggunaan ganja dapat mengendalikan kejang epilepsi. Robert J. DeLorenzo, dari Virginia Commonwealth University, memberikan ekstrak ganja dan ganja sintetis untuk tikus yang mengalami epilepsi. Ditemukan bahwa kandungan THC mengendalikan kejang dengan mengikat sel-sel otak yang bertanggung jawab untuk mengendalikan rangsangan dan mengatur relaksasi.

Itu dia lima manfaat baik ganja untuk kesehatan. Tetapi, ganja tidak bisa digunakan secara bebas dan harus di bawah pengawasan dokter, ya! 

Baca Juga: 7 Makanan Ini Dapat Menganggu Kesehatan Tubuh

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Jenis Kanker yang Rentan Menyerang Perempuan 

Baca Juga: Ayo Berjemur, Kekurangan Vitamin D Bisa Sebabkan 7 Penyakit Ini, Lho!