Madu menjadi salah satu bahan natural yang menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Umumnya, madu memiliki rasa yang manis dengan warna kekuningan, tapi tahukah kamu bahwa ada madu hitam? Selain berwarna hitam seperti namanya, madu jenis ini juga memiliki rasa yang pahit dan tekstur yang pekat. 

Namun di balik itu, madu hitam juga dipercaya memiliki kandungan yang lebih baik dibandingkan madu pada umumnya, karena tidak melewati berbagai macam pemrosesan. Sebelum mengonsumsi, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tujuh manfaat madu hitam! 

1. Meningkatkan stamina tubuh

Pahit Namun Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatanwomenshealthmag.com

Penting untuk selalu menjaga stamina tubuh, apalagi jika kamu memiliki aktivitas yang  padat dan rentan stres. Dari dulu sampai sekarang, madu dipercaya dapat meningkatkan stamina dan membuat tubuh terasa lebih bugar. Untuk itu, sebelum memulai hari konsumsi satu sendok makan madu hitam agar tak mudah lelah dan fit sepanjang hari. 

2. Mampu menangkal radikal bebas

Pahit Namun Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatanunicef.org

Hidup di perkotaan yang penuh polusi, tubuh membutuhkan antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas. Anti-oksidan bisa didapatkan dari aneka buah yang kaya akan vitamin C dan juga madu hitam. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa madu hitam mengandung anti-oksidan lebih banyak dari jenis madu lainnya. Selain itu, madu hitam juga dipercaya sebagai bahan alami pencegah sel kanker.

3. Mengontrol asam urat

Pahit Namun Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatanmirror.co.uk

Manfaat madu hitam selanjutnya adalah mampu menurunkan dan mengontrol kadar asam urat. Untuk mengurangi rasa sakit pada bagian sendi ini memang membutuhkan obat-obatan dari dokter. Tetapi nggak ada salahnya rutin mengonsumsi madu hitam untuk mengatasi keluhan tersebut. 

4. Menurunkan gula darah

Pahit Namun Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatanneomedinstitute.com

Selain menjalankan diet rendah karbohidrat, dengan rutin mengonsumsi madu hitam maka kadar gula darah akan lebih terjaga. Karena, kandungan gula dalam madu hitam diketahui lebih sedikit dibandingkan dengan jenis madu lainnya. Oleh sebab itu, madu hitam aman dikonsumsi pengidap diabetes.

5. Menurunkan kolesterol

Pahit Namun Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatanyahoo.com

Tingginya kolesterol bisa menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya. Oleh karena itu, pastikan bahwa kadar kolesterol kamu dalam batas yang aman. Selain menjalankan pola hidup yang sehat, madu hitam juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Sehingga tubuh dapat terhindari dari berbagai macam penyakit. Banyak banget ya manfaat madu hitam! 

6. Mengatasi gangguan pencernaan

Pahit Namun Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatanallrecipes.com

Selanjutnya, madu hitam juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Jika dikonsumsi secara rutin, maka madu hitam dapat menetralkan asam lambung. Jadi, ketika makan atau minum yang bersifat asam dan pedas, lambung akan tetap terlindungi. Selain itu, menyeduh madu hitam dengan segelas air hangat juga dipercaya dapat meredakan nyeri dan mual ketika maag.

7. Menjaga kesehatan kulit

Pahit Namun Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatanstylecaster.com

Selain organ di dalam tubuh kita, madu hitam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Selain dapat dikonsumsi, madu hitam juga bisa dijadikan masker yang membuat kulitmu terasa lebih lembap, kenyal, dan terbebas dari noda hitam. Untuk hasil maksimal,  gunakan masker madu hitam seminggu dua kali, ya!

So, itu dia tujuh manfaat madu hitam bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi madu hitam di pagi hari sebelum beraktivitas ya. Stay healthy, Bela! 

Baca Juga: Wajib Coba! Ini 8 Manfaat Madu yang Bikin Kamu Makin Sehat dan Cantik

Baca Juga: Nggak Cuman Nikmat, Ini Dia 7 Manfaat Minum Madu

Baca Juga: 4 Manfaat Terbaik dari Madu untuk Rambut Lebih Berkilau dan Sehat