Untuk beberapa kasus, transfusi darah merupakan hal yang harus dilakukan untuk dapat menyambung hidup seseorang. Darah tersebut, dapat diperoleh dari donator yang sukarela mendonasikan darah mereka. Tetapi, nyatanya sampai saat ini masih banyak lho yang belum berani untuk melakukan donor darah. 

Padahal, tidak hanya bermanfaat untuk pasien, ternyata pendonor darah juga akan memperoleh manfaat. Daripada penasaran, ini tujuh manfaat ketika kamu melakukan donor darah. Silahkan disimak ya!

1. Dapat membantu menurunkan berat badan

Ternyata, Ini 7 Manfaat yang Akan Kamu Peroleh Ketika Donor Darahmaxim.com

Selain memperhatikan nutrisi dan melakukan olahraga yang rutin, ternyata dengan melakukan donor darah dapat menurunkan berat badan. Ketika menyumbangkan sekitar 450ml darah, terjadi proses pembakaran sebesar 650 kalori. Jika rutin dilakukan, donor darah dapat membantu kamu mendapatkan tubuh yang ideal.

2. Merangsang produksi sel darah merah

Ternyata, Ini 7 Manfaat yang Akan Kamu Peroleh Ketika Donor Darahpinterest.com

Dengan mendonorkan darah, kamu dapat membantu tubuh untuk menstabilkan jumlah sel darah merah. Tidak perlu khawatir kekurangan, sumsum tulang belakang akan memperoduksi kembali sel darah merah yang hilang. Sehingga, ketika kamu mendonorkan darah, tubuh akan mendapatkan sel darah merah yang baru.

3. Menjaga kesehatan jantung

Ternyata, Ini 7 Manfaat yang Akan Kamu Peroleh Ketika Donor Darahthehearttruth.ca

Salah satu penelitian menunjukan bahwa salah satu manfaat donor darah adalah mengurangi kadar zat besi di dalam darah. Zat besi yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan resiko penyakit kardiovaskular dan dapat menyebabkan oksidasi kolestrol. Produk oksidasi tersebut dapat menumpuk di dinding arteri dan sangat berpotensi serangan jantung dan struk. Sehingga, dengan rutin mendonorkan darah, maka jumlah zat besi akan lebih stabil dan dapat menjaga kesehatan jantung. 

4. Menurunkan resiko terkena kanker

Ternyata, Ini 7 Manfaat yang Akan Kamu Peroleh Ketika Donor Darahflexjobs.com

Beberapa kanker dapat terjadi karena tingginya tingat zat besi yang ada di dalam tubuh. Kanker tersebut seperti kanker hati, kanker perut, kanker paru-paru, dan lain sebagainya. Dengan rutin melakukan donor darah yang membuat jumlah zat besi lebih stabil, maka dapat juga menurunkan risiko terkena kanker.

5. Menjaga kesehatan organ hati

Ternyata, Ini 7 Manfaat yang Akan Kamu Peroleh Ketika Donor Darahtimesnownews.com

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa kelebihan zat besi tidak baik bagi kesehatan tubuh, maka dengan rutin donor darah, kamu juga dapat menjaga kesehatan hati.

6. Dapat membuat perasaan lebih Bahagia

Ternyata, Ini 7 Manfaat yang Akan Kamu Peroleh Ketika Donor Darahdesiringgod.org

Tidak hanya kesehatan fisik, donor darah juga memberikan kebahagiaan untuk mental kamu. Dengan memberikan sesuatu yang sangat dibutuhkan orang lain, akan menciptakan kepuasaan dalam diri. Kamu akan merasa senang dengan bisa menyelamatkan orang lain. Dengan perasaan ini, kamu akan mendapatkan kepuasan batin yang membuat kamu menjadi lebih berguna dan bahagia.

Wah ternyata, banyak sekali ya manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan donor darah. Selain darah tersebut bermanfaat bagi orang lain, banyak juga yang bisa kita dapatkan. Jadi, mulai saat ini jangan lupa untuk rutin melakukan donor darah ya, Bela!

Baca Juga: Kenali Kondisi Kesehatan Kamu dari 7 Tipe Warna Darah Saat Menstruasi