Work from home merupakan anjuran pemerintah yang dapat memutus penularan virus corona. Sayangnya, seharian di rumah bisa bikin kamu jadi tidak memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Kecenderungan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan sedikit nutrisi akan lebih tinggi nggak baik untuk kesehatan lho, Bela. Misalnya tujuh makanan ini, jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menganggu kesehatan kamu lho, Bela! Wah, jangan sampai ini terjadi ya. Lantas apa saja jenis makanan tersebut? Simak baik-baik! 

1. Makanan yang digoreng

7 Makanan Ini Dapat Menganggu Kesehatan Tubuh kamuunsplash.com

Banyak sekali risiko yang dapat timbul karena makanan yang digoreng, antara lain penyakit jantung, diabetes, gastroenteritis, obesitas, serta memperlambat tingkat metabolisme. Deep fried food bisa jadi makanan favorit bagi semua orang tapi juga berisiko tinggi bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Mungkin ada baiknya kamu mengolah makanan dengan cara dipanggang atau direbus. Selain lebih sehat, ini bisa jadi eksperimen baru kamu ketika memasak.

2. Mie instan

7 Makanan Ini Dapat Menganggu Kesehatan Tubuh kamuunsplash.com

Siapa yang nggak menyukai makanan yang satu ini? Tetapi, mengonsumsi mi instan secara berlebihan dapat menganggu kesehatan kamu lho. Hal ini disebabkan kandungan garam yang terlalu banyak di dalam bumbu mie instan sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. 

Jika mengonsumsi mie instan terlalu banyak, berbagai masalah kesehatan serius berpotensi akan muncul, seperti kanker perut, stroke, dan penyakit jantung. Walaupun mie instan mengandung karbohidrat, tetapi makanan lezat ini tidak memiliki nutrisi apapun untuk tubuh kamu. Yang terjadi justru kenaikan berat berat badan kamu.

3. Permen

7 Makanan Ini Dapat Menganggu Kesehatan Tubuh kamustatelywallpaper.com

Rasanya yang manis dan bikin nagih membuat permen juga jadi salah satu favorit banyak orang, terutama anak-anak. Namun, permen memiliki kadar gula yang sangat tinggi, sehingga dapat menyebabkan kerusakan gigi, menaikkan berat badan hingga diabetes ketika mengonsumsi secara berlebihan. 

Jadi ada baiknya kamu membatasi konsumsi permen sebanyak satu atau dua buah permen sehari untuk anak-anak maupun orang dewasa. Untuk memenuhi keinginan kamu mengonsumsi makanan manis, mungkin kamu bisa mengonsumsi buah-buahan atau membuat jus. Selain segar, dijamin sehat lagi! 

4. Keripik kentang

7 Makanan Ini Dapat Menganggu Kesehatan Tubuh kamucatchlight.studio.com

Renyah, gurih dan kaya akan rasa membuat keripik kentang menjadi camilan favorit semua orang. Tetapi ternyata menyimpan risiko bagi kesehatan kamu. Efek samping yang ditimbulkan oleh keripik kentang adalah naiknya berat badan, karena satu kantung keripik kentang polos mengandung setidaknya 150 kalori. 

Selain itu, keripik juga sangat rendah gizi dan tingginya kandungan natrium dapat menyebabkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Terakhir, kandungan lemak yang tinggi dalam keripik kentang juga menyebabkan naiknya kolesterol. Batasi asupannya ya, Bela!

5. Saos kemasan

7 Makanan Ini Dapat Menganggu Kesehatan Tubuh kamuunsplash.com/@miguel_pembo

Saos kemasan merupakan pelengkap yang pasti tidak pernah lepas dari kamu. Tetapi, jika dikonsumsi terlalu sering ada bahaya yang mengintai kesehatan. Hal ini dapat terjadi, karena saos kemasan mengandung gula, sehingga kandungan tomat di dalam saos kemasan ‘kalah’ oleh kandungan gula dan garam di dalamnya dan membuat makanan ini kehilangan nutrisinya. Untuk mengakali hal ini, kamu bisa membuat saos dari bahan-bahan fresh sendiri di rumah. 

6. Daging olahan

7 Makanan Ini Dapat Menganggu Kesehatan Tubuh kamufrymorenuggets.com

Daging olahan seperti sosis, nugget, atau daging asap adalah makanan yang harus kamu batasi. Pasalnya, makanan ini dapat berbahaya bagi kesehatan jika dimakan terlalu sering. Jenis makanan beku ini telah melalui berbagai macam proses yang membuat kandungan gizinya menjadi berkurang. Belum lagi makanan olahan sudah pasti menggunakan aneka bahan pengawet agar tahan lama.

Selain itu, rutin mengonsumsi makanan olahan seperti ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Ada baiknya kamu konsumsi daging sapi atau ayam yang segar.

7. Produk olahan susu

7 Makanan Ini Dapat Menganggu Kesehatan Tubuh kamuplantbasednews.org

Kamu pasti menganggap bahwa produk-produk yang terbuat dari susu seperti keju, yogurt dan mentega adalah sesuatu yang baik jika dikonsumsi. Namun ternyata tidak demikian, jika kadar yang kamu konsumsi terlalu berlebihan. Efek yang ditimbulkan bermacam-macam, seperti mual, gangguan saluran pencernaan hingga perut kembung. Pastikan, ketika mengonsumsi produk yang terbuat dari susu, secukupnya saja ya. 

Itu dia tujuh makanan yang akan menganggu kesehatan kamu ketika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu, pastikan mengatur pola makan yang seimbang dan melakukan olahraga selama work from home ini berlangsung ya, Bela! 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Camilan Sehat Selama Work From Home