Menurut data UNICEF, di Indonesia baru 78% rumah tangga yang memiliki fasilitas sanitasi atau cuci tangan, dimana Papua dan NTT adalah proporsi rumah tangga yang memiliki sarana terendah sebesar 36% dan 54%. Demikian pula halnya yang terjadi di sekolah, dimana 3 dari 5 sekolah tidak memiliki akses ke kebersihan dasar. Akibatnya, 10 juta anak Indonesia diperkirakan tidak dapat melakukan cuci tangan secara konsisten.

Padahal selain dapat memutus rantai penyebaran virus COVID-19, mencuci tangan pakai sabun juga dapat mencegah penyakit lainnya, seperti penyakit diare dan juga pneumonia. Sehingga, sangat penting bila kita semua saling bekerja sama untuk menjadikan cuci tangan pakai sabun di air mengalir menjadi sebuah kebiasaan sejak dini.

Lewat Kampanye Terbaru, Nuvo Bangun Sarana Sanitasi Sebanyak 150 Titikinstagram.com/nuvo_family

Nah, dalam rangka perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia yang jatuh pada 15 Oktober yang lalu, NUVO Family, rangkaian produk perawatan tubuh dan kesehatan keluarga andalan Wings Group Indonesia meluncurkan kampanye terbarunya “Indonesia Bergerak Lawan Kuman”. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta kembali mengedukasi tentang pentingnya memberikan perlindungan diri dengan menjaga sanitasi seperti membiasakan diri cuci tangan pakai sabun serta menjalani pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Tidak hanya sekedar menyuarakan aksi melalui edukasi dan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah, NUVO juga turun langsung berpartisipasi dalam pengadaan fasilitas sanitasi di 150 titik di Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Adapun pengadaan fasilitas ini merupakan bukti nyata dukungan NUVO baik kepada pemerintah dalam percepatan pengadaan akses air, sanitasi dan kebersihan, maupun kepada masyarakat dalam komitmen membangun bangsa yang lebih sehat.

Lewat Kampanye Terbaru, Nuvo Bangun Sarana Sanitasi Sebanyak 150 Titikinstagram.com/nuvo_family

"Wings Group bekerja sama dengan UNICEF Indonesia untuk mempromosikan pentingnya pola hidup bersih dan sehat serta mendukung pemerintah dalam percepatan pengadaan akses air, sanitasi dan kebersihan yang dikelola dengan aman serta berkelanjutan.” ujar Gabriella da Silva, Head of Public Relations Wings Group Indonesia.
 
Tidak hanya bermitra baik dengan organisasi internasional seperti UNICEF Indonesia, Wings Group Indonesia juga bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai instansi lainnya demi mewujudkan pemerataan sanitasi bagi masyarakat Indonesia, terlebih di masa pandemi. 

Lewat Kampanye Terbaru, Nuvo Bangun Sarana Sanitasi Sebanyak 150 Titikinstagram.com/nuvo_family

Selain berkontribusi membangun fasilitas cuci tangan di 3 Provinsi Indonesia melalui NUVO, Wings dan UNICEF sebagai bagian dari “Kemitraan Pemerintah dengan Swasta untuk CTPS (PPP-HWWS)” juga turut mendistribusikan safe school kitskepada 5000 sekolah dan madrasah di enam provinsi wilayah kerja UNICEF (Aceh, Jatim, Jateng, Sulawesi Selatan, NTT, Papua).

Ketidakmerataan akan kesediaan akses air bersih memang masih menjadi pekerjaan rumah kita bersama, untuk itu sebaiknya bila kita masih diberikan kemudahan akan air bersih, kita harus belajar untuk menggunakannya dengan bijaksana. 

Baca Juga: 7 Tips Jaga Kelembutan Kulit Akibat Sering Mencuci Tangan

Baca Juga: Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar 

Baca Juga: Biar Nggak Sakit, Segera Cuci Tangan Setelah Memegang 9 Hal Ini