Setiap tanggal 4 Februari, diperingati dengan Hari Kanker Dunia yang membuat kita lebih waspada terhadap salah satu penyakit yang mematikan ini. Banyak sekali faktor penyebab terjadinya kanker, beberapa di antaranya adalah karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat, berat badan berlebih, kurang nutrisi, merokok, mengonsumsi alkohol dan kurang olahraga. 

Selain itu, penyakit kanker dapat menyerang siapapun, tidak mengenal usia ataupun jenis kelamin. Selain itu, ada baiknya kamu mengetahui lima jenis kanker yang rentan menyerang tubuh perempuan. Apa saja? SIlahkan disimak baik-baik ya, Bela!

1. Kanker payudara

Waspada! Ini 5 Jenis Kanker yang Rentan Menyerang Perempuan healthline.com

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang cukup banyak menyerang perempuan. Kanker ini muncul ketika sel-sel kanker tumbuh dari jaringan payudara yang meliputi kelenjar susu dan saluran payudara, beserta lemak dan jaringan ikat. 

Walau kanker payudara dapat menyerang laki-laki, nyatanya resiko paling besar di miliki oleh perempuan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu melakukan deteksi dini payudara dengan SADARI (periksa payudara sendiri) dan SADANIS (periksa payudara klinis). 

2. Kanker Usus Besar

Waspada! Ini 5 Jenis Kanker yang Rentan Menyerang Perempuan 

Kanker yang menyerang usus besar, yaitu bagian terakhir dari saluran pencernaan. Kanker usus besar disebabkan oleh perubahan atau mutase gen pada jaringan usus besar. Tetapi, penyebab mutase gen tersebut belum diketahui dengan pasti. 

Tidak jarang, beberapa kasus dimulai dengan adanya tumor jinak dari sel yang disebut polip. Dan jika didiamkan, maka polip dapat mengubah menjadi kanker usus besar. Walau, kanker usus besar biasa terjadi di usia 50 tahun keatas, ada baiknya mulai saat ini kamu menjalani gaya hidup yang lebih sehat agar terhindar dari kanker usus besar.

3. Kanker Serviks

Waspada! Ini 5 Jenis Kanker yang Rentan Menyerang Perempuan medicalnewstoday.com

Merupakan kanker yang tubuh pada sel-sel di leher rahim atau serviks. Serviks merupakan organ yang berbentuk seperti tabung dan berfungsi menghubungkan vagina dengan rahim. Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh Human papillomavirus atau HPV. 

Untuk mencegah penyakit ini, jika kamu masih berusia di bawah 26 tahun, pastikan kamu sudah mendapatkan vaksin kanker serviks. Vaksin ini dapat melindungi dua jenis HPV 16 dan HPV 18, yang merupakan jenis HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks. Selain itu, kamu bisa melakukan tes pap smear untuk dapat menemukan perubahan sel serviks atau HPV pada serviks.

4. Kanker Ovarium

Waspada! Ini 5 Jenis Kanker yang Rentan Menyerang Perempuan womenshealthbrasil.com.br

Salah satu jenis kanker yang berkembang di dalam, sekitar, atau di luar lapisan ovarium. Di antara jenis kanker reproduksi lainnya, kanker ini memiliki kasus kematian paling tinggi. Kanker ovarium lebih sering menyerang pada perempuat lanjut usia dan yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker ovarium. Tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa kanker ovarium dapat menyerang remaja dan anak-anak.

5. Kanker paru-paru

Waspada! Ini 5 Jenis Kanker yang Rentan Menyerang Perempuan medicalnewstoday.com

Kanker paru-paru merupakan satu dari tiga jenis kanker yang sering menyerang di Indonesia. Kanker ini akan lebih banyak dialami oleh orang yang memiliki kebiasaan merokok, sering terpapar zat kimia atau sering menghirup asap rokok dari orang lain. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan menghindari paparan asap merupakan pencegahan yang bisa di lakukan agar kanker paru-paru tidak menyerang kamu.

Itu dia lima jenis kanker yang lebih rentan menyerang tubuh perempuan. Ada baiknya, mulai terapkan hidup yang lebih sehat dan konsumsi makanan yang bergizi!