Ketika tamu bulanan hadir, tentu saja terjadi beberapa perubahan terjadi pada tubuh kamu. Mulai dari payudara sedikit membesar, badan terasa lebih pegal, mood yang cenderung berubah, sampai nyeri perut. 

Nyeri yang terjadi disebabkan karena adanya kontraksi peluruhan pada dinding Rahim. Walau ringan, nyeri perut ini membuat aktivitas kamu terganggu. Sebenarnya, nyeri perut ini akan hilang dengan sendirinya walau tanpa mengonsumsi obat. Tetapi, jika sudah tidak tertahankan, tujuh cara di bawah ini dapat kamu lakukan untuk mengurangi nyeri perut. Apa saja? Silahkan diintip ya!

1. Minum air hangat

7 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Nyeri Ketika Menstruasistonegatecenter.com

Ketika menstruasi, tubuh kamu juga mengeluarkan cairan lebih banyak daripada biasanya. Hal ini, harus kamu seimbangkan dengan mengonsumsi air putih yang lebih banyak agar tubuh tidak dehidrasi. Untuk memberikan rasa nyaman pada perut yang nyeri, sebaiknya pilih air hangat ya.

2. Tidak sembarang mengonsumsi makanan

7 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Nyeri Ketika Menstruasimedicalnewstoday.com

Ketika menstruasi, tentu saja nafsu makan kamu akan lebih besar dari biasanya. Perubahan hormon, menyebabkan perut kamu lebih sering mengirimkan sinyal lapar. Walau begitu, kamu juga tetap harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari konsumsi lemak berlebih, gorengan, alkohol atau merokok agar nyeri di perut dapat berkurang. 

3. Kompres perut dengan air hangat

7 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Nyeri Ketika Menstruasifitfoodiesmantra.com

Gunakan handuk kecil yang sudah kamu basahi atau rendam dengan air hangat, alternatif lain kamu juga dapat gunakan botol yang sudah diisi dengan air hangat, lalu tempelkan pada perut yang terasa nyeri agar otot bagian di sekitar abdomen terasa lebih relax

4. Lakukan olahraga ringan

7 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Nyeri Ketika Menstruasirawpixel.com

Tidak perlu olahraga yang berat kok, Bela! Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, jogging, atau melakukan peregangan tubuh. Dengan melakukan olahraga ringan, akan membuat peredaran darah kamu semakin lancar dan dapat mengurangi nyeri. Jangan jadikan menstruasi sebagai alasan untuk tidak melakukan olahraga ya.

5. Konsumsi jamu kunyit asam

7 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Nyeri Ketika Menstruasidoc.internet

Sejak dulu, dengan mengonsumsi jamu kunyit asam dipercaya dapat mengurangi nyeri ketika menstruasi. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang berfungsi dapat meredakan nyeri. Kamu bisa menemukan jamu kunyit asam di gerai jamu atau bisa membuatnya sendiri. Konsumsi secara rutin ketika menjelang menstruasi sampai setelah menstruasi dan rasakan manfaatnya.

6. Istirahat yang cukup

7 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Nyeri Ketika Menstruasialexfergus.com

Baik ketika menjelang menstruasi atau ketika menstruasi, tentu tubuh akan terasa lebih lelah. Gunakan waktu istirahat kamu secara maksimal dan istirahat yang cukup ya. Dengan istriahat yang cukup, nyeri di perut akan dapat berkurang dengan sendirinya. Hindari juga perasaan stres dan beban pikiran yang menganggu ya.

7. Jika nyeri berlanjut, konsultasikan ke dokter ya

7 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Nyeri Ketika Menstruasimedicalnewstoday.com

Untuk kamu yang selalu merasakan nyeri berlebihan ketika menstruasi datang, segera konsultasikan keluhan kamu ke dokter. Agar kamu dapat mengetahui kondisi rahim dan akan ditangani oleh orang yang tepat! Tidak perlu takut kok, lebih baik segera mengetahui daripada kamu menyesal di kemudian hari.

Baca Juga: Bukan Hamil, Ini 8 Penyebab Telat Haid yang Wajib Kamu Ketahui