Menahan lapar dan haus selama hampir 13 jam, ternyata ibadah puasa menyimpan banyak manfaat baik untuk tubuh. Namun, karena perut dalam keadaan kosong, sebagian orang kerap mengalami asam lambung naik.

Jika asam lambung naik, tentu saja akan menganggu puasa karena perut terasa tidak nyaman, sakit, hingga nyeri. Tetapi nggak perlu khawatir, Popbela punya lima cara mengatasi asam lambung naik saat puasa. Penasaran bagaimana caranya? Intip yuk!

1. Makan secukupnya ketika sahur dan berbuka

5 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasafreepik.com

Makan berlebihan dalam satu waktu akan membuat lambungmu bekerja lebih keras, sehingga akan membuat perut terasa penuh dan begah. Untuk itu, ketika sahur sebaiknya makan dalam porsi yang cukup. Begitu pula juga dengan berbuka, baiknya awali dengan makanan ringan lalu baru dilanjutkan makan berat agar perutmu tak kaget. 

2. Hindari makanan berlemak, pedas, dan asam

5 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasafreepik.com

Agar asam lambung tak naik ketika berpuasa, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang berlemak, pedas, atau memiliki rasa asam. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi minuman berkafein seperti kopi atau teh agar perut terasa lebih nyaman. Siap beribadah tanpa asam lambung naik, deh! 

3. Jangan langsung berbaring setelah sahur dan berbuka

5 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasafreepik.com

Perut kenyang memang paling nikmat jika langsung berbaring ya. Tapi hati-hati, Bela, ketika perut kamu penuh makanan, maka dapat memicu produksi asam lambung karena asupan meningkat. Nah, jika berbaring, asam lambung bisa naik ke kerongkongan. Untuk itu, jangan langsung berbaring setelah makan sahur atau berbuka, ya!

4. Menjaga berat badan ideal

5 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasafreepik.com

Nah, mengatur berat badan menjadi salah satu cara mengatasi asam lambung naik saat puasa. Ketika berat badanmu naik dapat memicu terjadinya kenaikan asam lambung. Nggak hanya itu saja, mengurangi konsumsi karbohidrat juga bisa menjadi salah satu metode untuk mencegah asam lambung naik ketika berpuasa. Selain tubuh makin sehat, penampilanmu juga makin kece! 

5. Berhenti merokok

5 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasafreepik.com

Siapapun pasti tahu bahwa kebiasaan merokok tidak baik untuk kesehatan, termasuk dapat memicu naiknya asam lambung. Ketika perut kosong setelah berpuasa dan langsung merokok, akan membuat asam lambung naik dan perut terasa tak nyaman.

So, itu dia tujuh cara mengatasi asam lambung naik saat puasa. Semoga membantu dan happy fasting, Bela!

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Baca Juga: 10 Menu Buka Puasa untuk Diet Sehat dan Nggak Bikin Perut Buncit

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Mudah Banget!