Awal tahun 2020, seluruh penduduk dunia dihebohkan dengan munculnya virus corona yang berasal dari Cina. Virus yang menyerang pernapasan ini mampu menular dan menggerogoti tubuh dengan cepat. Sampai data terakhir, korban meninggal dunia akibat virus corona sudah memasuki angka 636 Orang per 7 Februari 2020. Oleh sebab itu, WHO sudah menetapkan penyebaran virus corona menjadi status gawat darurat. 

Walau sangat mencekam, kamu tidak perlu khawatir kok, Bela. Kamu dapat mengantisipasi virus ini dengan menerapkan hidup yang lebih sehat, konsumsi sayur dan buah, hindari makanan mentah, dan jangan lupa rutin untuk gunakan masker kesehatan. Tetapi jangan salah, ternyata kamu nggak bisa asal ketika menggunakan masker lho. Yuk, langsung aja ikuti tips menggunakan masker yang benar dan baik dibawah ini! 

1. Pastikan memilih masker yang sesuai kebutuhan kamu

Jangan Anggap Sepele, Begini Cara Menggunakan Masker yang Benarcheatsheet.com

Pada umumnya terdapat dua jenis masker kesehatan yang beredar di pasaran. Yang pertama adalah surgical masker dan masker N95. Untuk mencegah virus corona, surgical masker sudah cukup untuk menghabat virus masuk melalui pernapasan, masker mampu menyaring partikel virus corona. 

Untuk masker N95 lebih direkomendasikan untuk tenaga medis yang kontak langsung dengan pasien pengidap virus corona. Selain itu, jangan lupa untuk memilih masker yang waterproof ya! 

2. Bagian masker yang berwarna kamu gunakan di sisi luar

Jangan Anggap Sepele, Begini Cara Menggunakan Masker yang Benarkhaleejtimes.com

Pada umumnya, masker terdiri dari dua warna, yaitu warna hijau atau biru dan warna putih. Warna biru atau hijau, merupakan bagian waterproof sehingga digunakan pada sisi bagian luar. Dan sisi yang berwarna putih digunakan pada bagian dalam yang berfungsi sebagai penyerap.

3. Kawat ditekan mengikuti bentuk hidung

Jangan Anggap Sepele, Begini Cara Menggunakan Masker yang Benarstraitstimes.com

Pastikan ketika kamu gunakan masker, jangan gunakan hanya untuk menutup mulut saja. Pada bagian nose tip, tekan secara perlahan dan mengikuti contour hidung. Sehingga masker menutup sempurna.

4. Bagian masker harus ditarik menutupi dagu

Jangan Anggap Sepele, Begini Cara Menggunakan Masker yang Benarmatcha-jp.com

Masker pada umumnya memiliki bentuk berlapis, agar bekerja sempurna, masker harus ditarik dan menutupi dagu. Masker harus menutup sempurna dalam segala sisi, sehingga virus atau bakteri tidak mudah masuk melalui pernapasan kita.

5. Ingat bahwa masker merupakan benda yang kotor

Jangan Anggap Sepele, Begini Cara Menggunakan Masker yang Benarnit.pt

Setelah selesai menggunakan masker, ingatlah bahwa masker tersebut merupakan benda yang penuh bakteri dan virus. Sehingga ketika melepaskannya, kamu harus berhati-hati dan jangan sentuh bagian tengahnya. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah melepaskan masker. Untuk disposable mask, hanya boleh digunakan sekali saja, Bahkan, hanya efektif bekerja dalam 3-4 jam saja. 

Itu dia tips menggunakan masker agar efektif mencegah virus dan bakteri masuk ke tubuh kamu. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan kamu ya, Bela!