Penyakit autoimun saat ini tengah ramai diperbincangkan dan menimbulkan kecemasan di masyarakat. Autoimun sendiri merupakan suatu kondisi tubuh seseorang yang dimana sistem kekebalan tubuh tidak bekerja sesuai dengan fungsi utamanya. 

Jika sistem kekebalan tubuh dirancang untuk mencegah masuknya bakteri atau virus, maka pengidap autoimun justru melihat sel tubuh yang baik sebagai bakteri atau virus, sehingga sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein untuk menghancurkan sel-sel tubuh yang baik. 

Ternyata penjelasan tentang autoimun cukup menyeramkan ya. Nggak disangka, tujuh seleb ini juga mengidap penyakit autoimun. Siapa saja? Silahkan disimak ya!

1. Ashanty

Jedar Hingga Ashanty, Ini tujuh Seleb yang Terserang Penyakit Autoimuninstagram.com/ashanty_ash

Istri musisi Anang Hermansyah, Ashanty diketahui mengidap penyakit autoimun yang sudah dideritanya sejak lama. Bahkan pada tahun 2018 lalu, Ashanty sempat dilarikan ke rumah sakit setelah muncul bentol-bentol di sekujur tubuhnya. Ibu dari empat orang anak ini mengaku bahwa kebiasaan mengonsumsi obat diet tanpa resep dokter dan stres merupakan penyabab ia terjangkit autoimun. Sampai saat ini, Ashanty masih menjalani beberapa rangakaian pengobatan untuk menyembuhkan penyakit ini.

2. Cici Panda

Jedar Hingga Ashanty, Ini tujuh Seleb yang Terserang Penyakit Autoimuninstagram.com/pandasuper

Presenter humoris ini ternyata juga berjuang melawan penyakit autoimun. Kerena memiliki penyakit autoimun, Cici Panda harus menunggu lebih dari delapan tahun untuk mendapatkan anak keduanya. Melihat dari laman Instagram pribadinya, Cici Panda kerap mengunggah perjuangannya dari sebelum hamil, awal kehamilan sampai proses kelahiran sembari berjuang melawan autoimun. Salut banget ya!

3. Olivia Lazuardi

Jedar Hingga Ashanty, Ini tujuh Seleb yang Terserang Penyakit Autoimuninstagram.com/olivialazuardy

Influencer dan selebgram ternama juga pernah menceritakan penyakit autoimun yang dideritanya. Olivia mengidap autoimun jenis psoriasis yang memberikan efek kulit kering, merah, iritasi bahkan tidak menutup kemungkinan kulit bisa terkelupas dan berdarah. Olivia sudah menderita penyakit ini selama sepuluh tahun. Walau belum tahu penyebab pasti penyakit yang diidapnya kini, tetapi Olivia diharuskan untuk mengatur pola makan dan hidup sehat.

4. Raditya Dika

Jedar Hingga Ashanty, Ini tujuh Seleb yang Terserang Penyakit Autoimuninstagram.com/raditya_dika

Komika kocak ini ternyata juga mengidap autoimun. Walau penyakit ini kerap menyerang kaum hawa, nyatanya laki-laki juga memiliki peluang untuk terkena autoimun. Walau tidak dijelaskan pasti seperti apa penyakit yang menyerang tubuhnya itu, tetapi Raditya Dika rutin melakukan pengecekan setahun sekali ke salah satu rumah sakit ternama di Singapura.

5. Selena Gomez

Jedar Hingga Ashanty, Ini tujuh Seleb yang Terserang Penyakit Autoimuninstagram.com/selenagomez

Akibat penyakit lupus yang dideritanya, mantan kekasih Justin Bieber ini pernah memilih untuk hiatus dari panggung hiburan. Selena Gomez mengidap Lupus Nefritis atau komplikasi yang paling serius dari penyakit lupus. Sehingga, transplantasi ginjal merupakan salah satu cara yang harus ditempuh untuk mengembalikan kesehatan Selena.

6. Michael Jackson

Jedar Hingga Ashanty, Ini tujuh Seleb yang Terserang Penyakit Autoimundoc.internet

Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, King of Pop Michael Jackson ternyata juga mengidap penyakit lupus. Ternyata kebiasannya menggunakan topi, kaca mata hitam, masker dan kerap membawa payung merupakan langkah praktis yang diambilnya untuk menghindari paparan sinar matahari dan memicu munculnya gejala penyakitnya. Selain itu, sebuah sumber juga mengungkapkan bahwa Michael Jackson memiliki osteoarthritis dalam jari dan tulang belakang yang pada umumnya terjadi pada penderita penyakit lupus.

7. Jessica Iskandar

Jedar Hingga Ashanty, Ini tujuh Seleb yang Terserang Penyakit Autoimuninstagram.com/inijedar

Sempat mengalami gejala takikardia beberapa waktu lalu, akhirnya Jedar mendapatkan kejelasan dari penyakit yang ia derita. Mengutip dari vlog-nya, dokter menjelaskan gejala yang dialami Jessica Iskandar mengarah pada penyakit bernama Graves Disease Autoimmune Hyperthyroidism. "Kemarin dikasih tahu dokter, sudah dipastikan sakit yang aku alami saat ini graves disease," ungkapnya. Meski begitu, Jedar masih memiliki harapan karena penyakit tersebut bisa disembuhkan. Semoga segera pulih, ya!

Baca Juga: Ini Beberapa Hal Tentang Penyakit Autoimun yang Harus Kamu Tahu

Baca Juga: Tingkatkan Imunitas Tubuh, Ini 8 Makanan yang Kaya Vitamin C

Baca Juga: Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan 4 Resep Minuman Tradisional Ini