Dulu, gangguan mental merupakan sesuatu yang tabu dan dianggap sebagai hal yang memalukan. Tetapi kini, sudah banyak yang lebih terbuka dan aware. Sama seperti penyakit lainnya, gangguan mental juga dapat diobati dan dipantau perkembangannya. Bahkan, beberapa seleb juga mengaku bahwa tuntunan pekerjaan, membuat mereka mengidap gangguan mental. Siapa saja? Keep scrolling ya, Bela! 

1. Marshanda

Marshanda Hingga Selena Gomez, Ini 7 Artis yang Idap Gangguan Mentalinstagram.com/marshanda99

Sempat membuat heboh dengan video luapan amarah yang diunggahnya pada tahun 2009 lalu, Marshanda mengaku menderita penyakit bipolar. Namun, penyakit yang dideritanya tidak terlalu parah karena ia baru menderita bipolar disorder tipe dua. 

Akibat penyakit mental itu, Marshanda mengaku sering depresi, halusinasi, hingga tidak bisa tidur. Ia pun menjadi hiperaktif dan harus mengonsumsi obat-obatan tertentu agar emosinya lebih stabil.

2. Ariel Tatum

Marshanda Hingga Selena Gomez, Ini 7 Artis yang Idap Gangguan MentalDok. IDNMedia

Ariel Tatum didiagnosa mengalami mental health Borderline Personality yaitu gangguan suasana hati, pikiran, dan hubungan menjadi nggak stabil. Perempuan kelahiran tahun 1996 ini mengaku bahwa ada sesuatu yang salah pada umur 13 tahun, yaitu ketika ia pertama kali melakukan percobaan bunuh diri. Saat ini kondisinya sudah terus membaik dan ia tetap melakukan perawatan untuk terus memantau penyakitnya ini.

3. Vidi Aldiano

Marshanda Hingga Selena Gomez, Ini 7 Artis yang Idap Gangguan Mentalinstagram.com/vidialdiano

Lelaki tampan ini ternyata mengidap penyakit mental yang disebut dengan anxiety attack dan ia ungkapkan pada pertengahan tahun 2019 lalu. Awalnya, kondisi penyakitnya ini tidak terlalu mengganggu. Namun, ia sempat mengalami dampak cukup serius dari gangguan mentalnya yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

4. Tora Sudiro

Marshanda Hingga Selena Gomez, Ini 7 Artis yang Idap Gangguan Mentalinstagram.com/t_orasudi_ro

Tahun 2017 lalu, Tora Sudiro pernah ditangkap polisi karena menyumpan 30 butir dumolid tanpa resep dokter. Ia mengaku menggunakan obat terlarang tersebut karena mengalami stres dan insomnia. 

Selain itu, Ia juga didiagnosa mengidap gangguan mental yaitu tourette syndrome, dimana penyakit turunan ini  menyerang saraf dan membuat si penderita sering mengeluarkan ucapan atau gerakan secara spontan (di luar kendali). 

5. Mariah Carey

Marshanda Hingga Selena Gomez, Ini 7 Artis yang Idap Gangguan Mentalinstagram.com/mariahcarey

Mariah Carey mengaku menderita bipolar sejak 2001. Awalnya, penyanyi ini mengaku memiliki gangguan susah tidur atau insomnia. Selanjutnya, ia juga menyadari bahwa dirinya menjadi mudah tersinggung dan takut mengecewakan orang lain. Lantaran hal tersebut, ia dinyatakan positif mengidap bipolar II. 

Bipolar II merupakan suatu gangguan dimana penderitanya akan mengalami fase hipomania dengan gejala kurang tidur, menjadi kompetitif, dan bersemangat. Namun setelah fase hipomania berlalu, penderita akan segera mengalami fase depresi.

6. Demi Lovato

Marshanda Hingga Selena Gomez, Ini 7 Artis yang Idap Gangguan Mentalinstagram.com/ddlovato

Pada usia 22 tahun, Demi Lovato menceritakan bahwa ia tengah berjuang melawan depresi dan bipolar yang dideritanya. Untuk itu, ia terus menjalankan perawat dan melakukan rehabilitasi, karena memiliki gangguan makan hingga menyakiti diri sendiri.

Perempuan pelantun lagu Skyscraper ini merasa perjuangannya melawan gangguan bipolar bukanlah sesuatu yang harus disembunyikan. Menurutnya, menceritakan penyakit yang dideritanya ini dapat membantu dan menginspirasi para penderita bipolar lainnya untuk terus berjuang. 

7. Selena Gomez

Marshanda Hingga Selena Gomez, Ini 7 Artis yang Idap Gangguan Mentalinstagram.com/selenagomez

Secara mengejutkan mantan kekasih Justin Bieber ini baru saja mengungkapkan bahwa dirinya didiagnosis memiliki gangguan bipolar. Hal ini diungkapkannya melalui live Instagram bersama Miley Cyrus pada Jumat (3/4) lalu. 

Dalam kesempatan itu, Selena Gomez mengungkapkan bahwa ia tidak takut dan panik, Justru informasi yang ia dapatkan membuatnya lebih tenang dan membantunya melewati ini semua.

Baca Juga: #IMS2020: Kisah Mental Health Ariel Tatum dan Hampir Dianggap Bipolar

Baca Juga: 7 Gejala Bipolar Disorder Ini Membuktikan Bahwa Kamu Seorang Pengidap

Baca Juga: Mengenal Bipolar, Penyakit Mental yang Nggak Boleh Dianggap Sepele