Bela, nggak terasa ya tinggal menghitung hari saja nih kita akan menyambut bulan Ramadan? Bagi kamu yang akan menjalani ibadah puasa jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan. Pasalnya, untuk beraktivitas di siang hari, kamu membutuhkan energi yang cukup banyak agar nggak lemas dan cepat lelah. Di sini Popbela akan membagikan 5 tips-tips apa saja yang bisa membuat kamu tetap fit dan sehat saat berpuasa. Yuk simak!

5 Tips agar Kamu Tetap Fit saat Menjalankan Ibadah Puasa
 

Selayaknya sarapan yang sangat penting untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, ketika kamu berpuasa sebaiknya jangan sampai melewatkan sahur ya! Selain berpahala, kamu juga membutuhkan energi untuk beraktivitas di siang hari. Dengan sahur, kebutuhan energimu bisa terpenuhi dan kamu bisa stay hydrated sepanjang hari.

5 Tips agar Kamu Tetap Fit saat Menjalankan Ibadah Puasa
 

Sayur dan buah-buahan sangat penting untuk tubuhmu apalagi ketika berpuasa. Buah juga bisa menjadi alternatif sehat apabila kamu suka dengan makanan manis lho. Ada baiknya kamu juga mengonsumsi buah dan sayuran yang kandungan airnya tinggi seperti semangka, melon dan labu. Bisa membantumu tetap terhidrasi ketika puasa!

5 Tips agar Kamu Tetap Fit saat Menjalankan Ibadah Puasa
 

Pastinya waktu berbuka sangat ditunggu-tunggu dan terkadang kita suka lapar mata terhadap makanan yang ingin dimakan. Namun, hindari makan dengan tergesa-gesa ya Bela. Sebaiknya awali dengan mengonsumsi buah kurma dan minuman hangat terlebih dahulu untuk membantu mengembalikan energimu. Lalu setelah itu kamu bisa mengonsumsi karbohidrat dan makanan berprotein tinggi.

5 Tips agar Kamu Tetap Fit saat Menjalankan Ibadah Puasa
 

Dalam sehari, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi 8 gelas air atau setara dengan 2 Liter air putih. Disaat puasa, tubuh kita menjadi kekurangan cairan. Karenanya, konsumsilah air putih yang cukup pada saat sahur.  perlu diingat Bela, kamu juga perlu menghindari minuman yang mengandung gula sangat tinggi ya.

5 Tips agar Kamu Tetap Fit saat Menjalankan Ibadah Puasa
 

Siapa bilang kamu nggak bisa berolahraga ketika puasa? Kamu tetap bisa berolahraga kok tetapi harus disesuaikan dengan jam yang tepat. Misalnya lakukanlah ketika 15 menit hingga 1 jam sebelum kamu berbuka agar kamu nggak terlalu dehidrasi dan lemas setelah berolahraga. Apabila melakukan olahraga di jam tersebut, kamu bisa menjadikan waktu berbuka sebagai post workout meal-mu kan?

BACA JUGA : 14 Kebiasaan Sederhana Ini Membawamu Lebih Sehat dan Bahagia