Jahe menjadi salah satu akar tanaman yang telah lama dikenal sebagai campuran minuman atau obat-obatan. Rasa dan baunya yang tajam serta sensasi panas yang dihasilkan, membuat jahe menjadi andalan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain cocok digunakan untuk campuran obat dan masakan, serta bahan utama jamu, jahe juga enak dijadikan minuman. Terlebih di musim hujan seperti saat ini. Minuman jahe bisa menghangatkan badan.

Bagaimana caranya membuat air jahe? Simak beberapa caranya berikut ini.

1. Cara membuat air jahe secara manual

Bikin Segar Badan, 5 Cara Membuat Air Jahe untuk KesehatanUnsplash.com/Julia Topp

Air jahe dapat dibuat secara manual, lho, Bela. Maksudnya adalah kamu bisa membuat air jahe dengan cara merebus jahe hingga mendidih.

Pertama, siapkan dulu jahe yang banyaknya dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kemudian, iris tipis jahe atau dengan ketebalan 0,5-1 centimeter.

Kedua, masukan irisan jahe ke dalam panci berisi air. Banyaknya air juga dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Rebus air dan jahe hingga mendidih.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menambahkan air jahe dengan kayu manis, lemon, teh, hingga madu. 

2. Cara membuat air jahe menggunakan juicer

Bikin Segar Badan, 5 Cara Membuat Air Jahe untuk KesehatanUnsplash.com/Louis Hansel

Cara selanjutnya untuk membuat air jahe adalah menggunakan juicer. Cara ini lebih mudah dibandingkan cara sebelumnya.

Untuk membuatnya, langkah pertama adalah dengan mencuci bersih jahe yang ingin kamu gunakan. Kupas kulitnya dan potong-potong jahe.

Jahe yang sudah dipotong, kemudian dimasukan ke dalam juicer. Blender jahe hingga halus. Kamu bisa menambahkan sedikit air agar jahe lebih mudah diblender. 

Jika sudah halus, saring air jahe dari saripatinya. Air yang telah disaring dapat kamu campurkan ke dalam air panas dan ditambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa.

3. Cara membuat air jahe dari jahe bubuk instan

Bikin Segar Badan, 5 Cara Membuat Air Jahe untuk KesehatanUnsplash.com/David Gabrielyan

Jika membuat air jahe menggunakan jahe langsung dirasa cukup merepotkan bagimu, kamu bisa membuatnya dari bubuk jahe instan. Saat ini, bubuk jahe instan sudah banyak ditemukan di pasaran dan harganya pun terjangkau.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menyeduhnya dengan air panas. Satu gelas air jahe biasanya hanya membutuhkan takaran dua sendok teh jahe bubuk instan. Campurkan jahe tersebut dengan air panas, aduk rata, dan air jahe siap diminum.

4. Cara membuat teh jahe

Bikin Segar Badan, 5 Cara Membuat Air Jahe untuk KesehatanUnsplash.com/Teacora Rooibos

Air jahe tidak hanya enak dinikmati saat hari sedang hujan. Akan lebih nikmat lagi jika air jahe ditambah dengan teh. Selain enak, teh jahe memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Yakni, menyegarkan badan, menghilangkan rasa lelah, hingga sebagai anti-oksidan.

Untuk membuat teh jahe juga tidak sulit. Kamu hanya perlu menambahkan satu teh celup ke dalam air jahe panas. Aduk hingga rata. Kamu bisa menambahkan gula atau madu sebagai penambah rasa manis.

5. Cara membuat jahe lemon

Bikin Segar Badan, 5 Cara Membuat Air Jahe untuk KesehatanUnsplash.com/An Nguyen

Selain nikmat ditambah teh, air jahe juga cocok ditambah lemon. Seperti kita tahu, lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak. Dengan menambahkan lemon pada air jahe, manfaatnya pun akan bertambah. Yakni, mampu meredakan flu dan hidung tersumbat. Cocok banget untuk kamu konsumsi di musim pancaroba seperti saat ini.

Cara membuatnya juga gampang. Kamu hanya perlu menambahkan irisan lemon pada air jahe panas. Tambahkan pula gula pasir atau gula aren agar menambahkan rasa manis pada air jahe lemon. Air jahe lemon ini sangat pas jika dinikmati dalam keadaan hangat.

Itulah tadi cara membuat air jahe yang dapat kamu lakukan di rumah. Tidak sulit membuatnya, kan, Bela?

Baca Juga: 11 Manfaat yang Diperoleh dari Clover Honey untuk Kesehatan Tubuh 

Baca Juga: Baik Bagi Tubuh, Ini 7 Manfaat Teh Madu untuk Kesehatan

Baca Juga: 7 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan, Pencernaan Jadi Lancar