Bahan-bahan alami selalu bisa jadi pilihan yang tepat dalam perawatan kecantikan. Tentunya sudah sejak lama bahan alami bisa digunakan untuk merawat tubuh dan kulit. Meskipun saat ini teknologi untuk perawatan kecantikan semakin berkembang pesat. Tapi, nggak ada salahnya kalau kita ingin back to basic dalam mempercantik diri. Berikut ini adalah berbagai bahan alami dari tamanan untuk perawatan kecantikan. Kamu sudah pernah coba, Bela?

1. Kunyit untuk kulit

5 Bahan Alami Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Makin Cantikkamdora.com

Mungkin kamu berpikir kalau kunyit dengan warnanya yang kuning nggak bakal cocok untuk perawatan kecantikan. Tapi ternyata kunyit adalah bahan natural yang sangat baik untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan membuat kulit tampak lebih bersinar. Kalau ingin membuat scrub yang simpel, kamu bisa coba meracik kunyit bubuk yang dicampur dengan madu dan yoghurt.

2. Chamomile untuk rambut berwarna

5 Bahan Alami Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Makin Cantikdraxe.com

Kalau kamu punya rambut yang berwarna terang, maka chamomile bisa jadi bahan alami yang bagus untuk perawatan rambut kamu. Coba gunakan 3 sendok teh chamomile kering, lalu rebus dengan 250 ml air dengan durasi sekitar 10 menit. Setelah mendidih lalu diamkan hingga hangat lalu oleskan ke rambut kamu. Chamomile bisa bermanfaat untuk relaksasi dan menjaga warna rambut agar tetap tahan lama.

3. Daun pisang raja untuk menghilangkan jerawat

5 Bahan Alami Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Makin Cantikuae.com

Ternyata daun pisang raja nggak hanya bisa digunakan sebagai alas makan saja, tapi juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, lho. Mau bikin masker daun pisang raja? Kamu hanya perlu menghancurkan daun pisang lalu ditempel ke wajah atau bisa juga dibuat menjadi jus daun pisang yang dioleskan ke muka kamu. Intinya, daun pisang raja dapat mengobati kulit yang berjerawat dan mengalami peradangan.

4. Bunga calendula untuk area mata

5 Bahan Alami Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Makin Cantikgardening.howto.com

Kalau untuk merawat area mata, kamu pasti bakal langsung kepikiran dengan mentimun. Tapi, kamu juga bisa pakai bunga calendula untuk menyegarkan area mata agar lebih bersinar. Kamu bisa rebus 30 gram calendula dengan 500 ml air. Setelah itu, celupkan handuk atau kain ke air rebusan tersebut, lalu kompres area mata sekitar 30 – 40 menit.

5. Mawar untuk wajah

5 Bahan Alami Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Makin Cantikbeautyorganic.com

Daun mawar bisa berguna untuk membuat wajah jadi lebih segar. Kamu bisa merebus daun mawar di dalam 250 ml air sekitar 10 menit. Lalu, coba diamkan hingga air rebusan dingin. Setelah itu, tuangkan air rebusan ke botol spray dan kamu pun bisa menggunakan air mawar tersebut sebagai face mist. Jangan lupa ditaruh di kulkas supaya air mawar tetap awet, ya.

BACA JUGA: Unik! Nail Art Ini Dirancang Dari Tanaman Hidup