Ketika kamu memasuki usia 20-an maka tubuh kamu akan mengalami perubahan dari masa remaja di mana otak dan metabolisme tubuh akan mulai berjalan secara perlahan. Nah, saat kamu menginjak usia 30-an dan 40-an, metabolisme tubuh akan mulai berjalan lebih lambat. Maka dari itu, kamu sebaiknya mengonsumsi nutrisi yang tepat saat berusia 20-an untuk persiapan kondisi tubuh yang sehat ketika memasuki usia dewasa dan tua. Jadi, mulai dari sekarang cobalah untuk sering konsumsi berbagai nutrisi berikut, yuk.

Ini Dia Nutrisi Yang Kamu Butuhkan Saat Berusia 20-an

Kandungan protein dapat meningkatkan sekaligus menjaga jaringan otot dan membantu struktur tubuh jadi lebih bagus. Jadi, jangan pernah lupa mengonsumsi protein setiap harinya yang mudah kamu temukan di beragam makanan, seperti ikan, ayam, telur, tahu, dan kacang-kacangan.

Ini Dia Nutrisi Yang Kamu Butuhkan Saat Berusia 20-an

Ternyata saat berusia 20-an, kamu membutuhkan asupan omega-3 bukan hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga kesehatan mental, lho. Hal ini karena ketika seseorang berusia 20-an maka akan lebih rentan terkena depresi dan gangguan mental lainnya. Omega-3 mengandung zat EPA dan DHA dimana orang yang mengidap gangguan mental cenderung kekurangan zat EPA dan DHA.

Ini Dia Nutrisi Yang Kamu Butuhkan Saat Berusia 20-an

Memang kalsium sangat penting ketika kamu berusia 20-an karena dapat menjaga kesehatan tulang kamu sehingga kamu nggak akan terkena osteoporosis tahap awal. Selain itu, kalsium juga penting bagi kesehatan jantung agar peredaran darah tetap lancar dan nggak terjadi pembekuan darah.

Ini Dia Nutrisi Yang Kamu Butuhkan Saat Berusia 20-an

Kamu bisa menemukan karbohidrat kompleks di makanan seperti beras merah atau ubi. Kandungan karbohidrat kompleks dalam makanan akan berubah jadi zat glukosa saat masuk ke dalam tubuh dimana akan meningkatkan energi kamu. Tapi, sebaiknya hindari makanan dengan kandungan gula tinggi yang justru bisa berdampak nggak baik bagi tubuh.

Ini Dia Nutrisi Yang Kamu Butuhkan Saat Berusia 20-an

Menurut A World of Health Organisation (WHO), kalium dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan sakit ginjal dan stroke. Maka, kamu sebaiknya sudah mulai mengonsumsi banyak kandungan kalium dari usia 20-an yang dapat kamu temukan di makanan seperti kentang, pisang, dan ikan.

Ini Dia Nutrisi Yang Kamu Butuhkan Saat Berusia 20-an

Perempuan harus memahami kalau zat besi adalah nutrisi yang sangat penting karena tubuh sering kehilangan zat besi saat menstruasi setiap bulan. Kekurangan zat besi bisa bikin kamu jadi sering sakit bahkan terkena anemia. Melalui ukuran ideal maka kamu membutuhkan sekitar 17 gram zat besi per hari, Bela.

Baca Juga: Punya Tubuh Fit dan Langsing, Ini 5 Tips Diet ala Kourtney Kardashian