Ketika keinginan seks seseorang nggak terpenuhi oleh pasangannya, mereka kerap melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan masturbasi. Dari zaman dahulu kala, bahkan hingga saat ini, masturbasi masih dianggap sebagai sesuatu hal yang tabu. Tapi, kamu tahu nggak sih kalau sebenarnya masturbasi memberikan manfaat bagi kesehatan kita, lho.

Penasaran apa saja manfaat tersebut? Nah, Popbela sudah merangkum 7 manfaat masturbasi bagi kesehatan kita. Simak yuk!

Walau Dianggap Tabu, Ini 7 Dampak Baik Masturbasi

Kanker prostat merupakan penyakit yang menghantui para laki-laki. Lantaran, kanker ini berkembang di sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki, yang disebut-sebut dengan ‘prostat’. Meskipun begitu kamu nggak perlu takut lagi nih! Karena kanker prostat yang disebabkan oleh racun di saluran urogenital ini dapat kamu cegah dengan masturbasi. Wah, kok bisa? Yup, melansir dari The Trent, ketika seorang masturbasi, maka racun-racun tersebut juga akan keluar dari tubuh, lho!

Walau Dianggap Tabu, Ini 7 Dampak Baik Masturbasi

Melansir dari HuffPost, Dr. Lauren Streicher, Profesor Klinis bagian Kebidanan dan Ginekologi di Universitas Northwestern dan penulis Sex Rx: Hormones Health And Your Best Sex Ever, mengatakan bahwa pada umumnya setelah masturbasi maka seseorang akan mengantuk dan tidur nyenyak, karena mereka merasa santai dan puas. Hal itu dikarenakan orgasme, baik secara fisik maupun emosional dapat meredakan ketegangan dan menguras tubuh, sehingga orang akan tidur lebih cepat.

Walau Dianggap Tabu, Ini 7 Dampak Baik Masturbasi

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ketika terkena penyakit infeksi saluran kemih dengan mengkonsumsi jus cranberry. Tapi, kamu tahu nggak sih kalau ada cara lainnya? Yaitu dengan masturbasi. Menarik, bukan? Melansir dari The Trent, masturbasi dapat membantu mengeluarkan bakteri dari leher rahim, sehingga memungkinkan bagi penderita infeksi saluran kemih untuk meredakan penyakitnya tanpa harus mengkonsumsi jus cranberry.

Walau Dianggap Tabu, Ini 7 Dampak Baik Masturbasi

Penyakit Willis-Ekbom atau yang disebut-sebut sebagai Restless Legs Syndrome (RLS), merupakan gangguan neurologis yang membuat seseorang selalu ingin menggerakan kakinya. Tapi, masturbasi bahkan seks dapat meringankan penyakit RLS. Bahkan, hal itu sudah dibuktikan oleh seorang pasien penderita RLS dalam surat kabar yang diterbitkan di jurnal medis Sleep Medicine, seperti yang sudah dilansir dari The Trent.

Walau Dianggap Tabu, Ini 7 Dampak Baik Masturbasi

Bagi beberapa orang, mungkin kurang nyaman kalau masturbasi saat sedang haid. Melansir dari HuffPost, masturbasi dapat membantu untuk meredakan rasa nyeri ketika kita sedang dalam periode datang bulan lho, Bela! Wah, boleh dicoba nih!

Walau Dianggap Tabu, Ini 7 Dampak Baik Masturbasi

Nggak hanya dapat mencegah dan mengurangi penyakit-penyakit seperti di atas, melansir dari The Trent, ternyata masturbasi juga bisa meningkatan kekebalan tubuh. Pasalnya, hormon kortisol, hormon stress dalam dosis kecil dilepaskan bersamaan dengan ejakulasi. Hal itu dapat membantu untuk memperkuat dan menjaga sistem kekebalan tubuh kamu nih.

Walau Dianggap Tabu, Ini 7 Dampak Baik Masturbasi

Tentu kamu tahu dong, bahwa dari banyaknya cara, bahagia adalah salah satu cara yang ampuh supaya kita terhindari dari berbagai penyakit? Dan kabar baiknya, masturbasi merupakan salah satu cara yang paling mudah supaya kamu bisa bahagia, bahkan membuat kamu merasa lebih bahagia! Bukan karena kamu merasa puas, tapi ada penjelasan biologisnya, lho. Nah, menurut Dr. Lauren Streicher, profesor kebidanan dan ginekologi di Universitas Northwestern dan penulis Sex Rx: Hormones Health And Your Best Sex Ever, seperti yang sudah dilansir dari HuffPost, kalau orgasme melepaskan endorphins dopamine dan oxytocin yang dapat meningkatkan mood kamu.

Meskipun bermanfaat bagi kesehatan, bukan berarti kamu boleh melakukan masturbasi berkali-kali dalam sehari nih. Melansir dari situs Lybrite, Dr. Hitesh Shah, M.A., BHMS, seorang ahli Homeopati di Kandivali West, Mumbai menjelaskan kalau dalam sehari kamu melakukan masturbasi berkali-kali malah akan menimbulkan efek yang buruk, seperti rambut rontok, sakit punggung, kegelisahan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Fakta Mengejutkan Soal Masturbasi yang Belum Banyak Diketahui