Jam istirahat siang telah tiba. Sambil menarik napas lega, kamu mengajak teman-temanmu pergi ke tempat makan favorit kalian untuk menikmati makan siang. Akhirnya rasa laparmu akan segera terpuaskan, dan kamu pun siap untuk memesan makanan kesukaanmu.

Eits, tunggu dulu. Sebelum mulai makan, ada baiknya kamu memastikan dulu bahwa kamu tidak melakukan 5 kebiasaan makan yang tidak sehat berikut ini. Meski efek negatifnya mungkin tidak langsung terasa, kebiasaan-kebiasaan ini akan merusak kesehatanmu jika terus dilakukan. Maka supaya lebih sehat, mulailah hindari kebiasaan-kebiasaan buruk ketika makan berikut!

1. Makan makanan dengan gizi yang tidak seimbang

Supaya tetap sehat, tubuh kita membutuhkan asupan gizi berupa karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Semua itu dibutuhkan oleh tubuh, tanpa kecuali. Maka sebisa mungkin, penuhilah semua kebutuhan gizi tersebut setiap kali makan.

Sebagai contoh, makan sepiring nasi dengan lauk ayam goreng memang enak. Tapi tubuhmu tidak akan mendapat asupan vitamin dan mineral darinya dari menu semacam itu. Akan lebih baik kalau kamu makan sepiring nasi dengan tempe goreng dan sayur asem, karena terdapat asupan nutrisi yang lengkap di dalamnya.

Ingat, makanan yang kamu makan tidak hanya sampai di lidah saja, tapi masuk ke dalam tubuh dan dicerna untuk menunjang aktivitasmu. Jadi jangan hanya peduli soal rasa, tapi yang lebih penting adalah kandungan gizinya.

2. Makan terlalu cepat

Terkadang ketika sedang dikejar waktu, kita terpaksa makan dengan terburu-buru. Kita mengunyah dan menelan makanan secepat mungkin supaya bisa segera selesai makan. Atau, ada juga beberapa orang yang memang memiliki kebiasaan makan dengan cepat meski tidak sedang terburu-buru.

Namun sebenarnya kebiasaan itu tidak sehat karena setidaknya dua alasan. Pertama, mengunyah dengan terburu-buru membuat hasil kunyahan tidak sempurna. Makanan pun masuk ke dalam tubuh dalam keadaan masih kasar, dan organ-organ pencernaan harus bekerja lebih keras untuk melumatkannya. Akhirnya penyerapan nutrisi menjadi kurang sempurna sehingga tidak memberi manfaat maksimal bagi tubuh.

Kedua, makan terlalu cepat bisa membuat kita makan terlalu banyak. Otak akan terlambat menerima pesan dari saluran pencernaan bahwa tubuh kita sudah kenyang, sehingga kita belum merasa kenyang walaupun sebenarnya sudah cukup makan. Akibatnya kita jadi makan berlebihan dan bisa mengalami kelebihan berat badan.

Supaya Kamu Lebih Sehat, Stop 5 Kebiasaan Makan Ini Sekarang Juga! insiderdiva.com

3. Makan sambil mengerjakan sesuatu

Biasanya, kita cenderung makan sambil melakukan sesuatu. Misalnya sambil mengobrol, menonton TV, bermain smartphone, dan lain-lain. Nah, jika kamu juga memiliki kebiasaan tersebut, ada baiknya kamu menghentikannya. Cobalah untuk berkonsentrasi pada makananmu dan tidak tersimpangkan oleh hal lain saat makan.

Kamu tentu tahu bahwa makan sambil berbicara bisa membuatmu tersedak. Tapi secara umum, makan sambil melakukan kegiatan lain memang tidak baik untuk kesehatan, karena itu bisa membuatmu tidak sadar berapa banyak makanan yang sudah kamu makan. Kamu mungkin terlambat merasa kenyang karena fokusmu tertuju ke hal lain, sehingga kamu pun akan cenderung makan berlebihan.

4. Makan makanan panas lalu minum minuman dingin

Pasti enak ya makan semangkuk sop atau soto dalam keadaan asap panasnya masih mengepul, ditambah dengan nasi hangat. Apalagi jika ditemani dengan segelas minuman dingin untuk menetralisir panas tersebut setelah makan. Wah, pasti rasanya juara deh. Eh, tapi tahukah kamu bahwa kebiasaan itu sebenarnya tidak baik?

Makan makanan bersuhu panas lalu disusul minuman dingin bisa merusak kesehatanmu, khususnya kesehatan gigi. Gigimu bisa mengalami kerusakan pada lapisan dentin, akibat diterpa suhu ekstrim secara bergantian. Maka untuk mengindarinya, lebih baik kamu memberi jarak waktu beberapa menit, jika ingin mengonsumsi makanan panas dan minuman dingin.

Supaya Kamu Lebih Sehat, Stop 5 Kebiasaan Makan Ini Sekarang Juga! mauriziodiiorio.com

5. Minum minuman manis setelah makan

Sebuah iklan minuman manis kemasan mempunyai slogan bahwa apapun makanannya, minumnya adalah minuman manis tersebut. Memang enak ya jika kita mengakhiri makan siang dengan minum minuman yang mengandung gula, apalagi jika kita habis menyantap makanan pedas. Tapi jika kebiasaan itu terus kamu lakukan, akibat jangka panjangnya bisa sangat buruk.

Saat makan, tubuh kita mendapat asupan gula atau karbohidrat, biasanya dari nasi. Jika setelah itu kamu minum minuman manis, maka kadar gula darahmu akan semakin melonjak. Apalagi, gula dari minuman manis bisa lebih cepat menaikkan gula darah daripada makanan.

Apa efek jangka panjangnya? Risiko diabetes dan kegemukan akan meningkat. Jadi meskipun memang enak, sebaiknya batasi minum minuman yang mengandung gula, terutama setelah makan. Akan lebih baik jika kamu minum air putih, karena air putih bisa sekaligus membersihkan pencernaanmu. Atau jika kamu memang ingin minum yang manis, cobalah minuman yang mengandung gula alami, misalnya jus buah tanpa gula.

Nah, itulah 5 kebiasaan makan yang perlu kamu hindari mulai sekarang, supaya kesehatan tubuhmu terjaga. Ingat, makanan seenak apapun tidak akan terasa nikmat saat kita sakit. Maka supaya bisa terus menikmati makanan dengan sepenuhnya, jaga kesehatanmu ya.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Supaya Kamu Lebih Sehat, Stop 5 Kebiasaan Makan Ini Sekarang Juga!"

Baca Juga: 7 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita Darah Rendah