Makanan pedas merupakan makanan yang populer dibanyak orang khususnya di Indonesia, karena memang menambah rasa nafsu makan. Rasa belum lengkap jika makanannya tanpa sambal. 

Meski nikmat tetapi perlu diperhatikan kembali saat mengkonsumsi makanan pedas karena dapat memberikan efek buruk bagi tubuh sehingga ada baiknya mengkonsumsi makanan pedas perlu dibatasi.

Berikut ini informasi 7 bahaya makan makanan pedas yang bisa mengintai kesehatan tubuh kamu. Yuk simak artikenya!

1. Diare

Punya Dampak Buruk, Ini 7 Bahaya Makan Makanan Pedaspromedba.com

Penyebab diare dapat berasal dari makanan pedas karena memiliki zat capsaicin apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat melukai lapisan perut yang memberikan rasa panas dan terbakar.

Sakit perut setelah makan pedas merupakan hal wajar, usus mencerna makanan dengan gerakan cepat agar makanan langsung dibuang. Meskipun mengharuskan bolak - balik kamar mandi, reaksi ini dapat mempercepat proses percernaan agar zat capsaicin tidak terlalu lebih membahayakan tubuh.

2. Jerawat

Punya Dampak Buruk, Ini 7 Bahaya Makan Makanan PedasFreepik.com

Apakah makanan pedas bisa menyebabkan jerawat? Tentu bisa, karena suhu tubuh naik dan menghasilkan keringat. Efek makan pedas, pori-pori pada wajah membesar, maka dapat muncul banyak bakteri dan kotoran dengan mudahnya masuk ke dalam kulit. Hindari aneka masakan pedas agar tidak memperparah jerawat.

3. Insomnia

Punya Dampak Buruk, Ini 7 Bahaya Makan Makanan Pedas

Akibat terlalu banyak makan pedas bisa menyebabkan insomnia, apalagi bila dikonsumsi di malam hari sebelum tidur tentunya menimbulkan ancaman seperti mual, perut terasa panas dan muncul rasa diare yang membuat tidak nyaman. Sehingga aktivitas tidur akan terganggu karena harus bolak-balik kamar mandi.

4. Gangguan Pada Lidah

Rasa pedas bisa mengurangi sensitivitas lidah dalam pengecapan rasa apabila mengonsumsi aneka makanan pedas terlalu berlebihan. Pada awalnya lidah akan terasa sensasi terbakar dan yang mengerikan dapat mati rasa, sehingga akan kehilangan fungsinya yang dapat menimbulkan kamu kesusahan dalam mengecap rasa yang lainnya.

5. Sakit Tenggorokan

Punya Dampak Buruk, Ini 7 Bahaya Makan Makanan Pedas

Risiko makan pedas secara berlebihan dapat menimbulkan radang tenggorokan, hal ini dikarenakan memicu luka pada tenggorokan. Ada juga penyebab tenggorokan terasa panas berkaitan dengan asam lambung ke tenggorokan seperti gerd. Mulai sekarang kurangi makanan pedas ya.

6. Sariawan

Efek samping makan pedas bisa muncul sariawan yang menyebabkan iritasi pada mulut dan memicu penyebab bibir kering. Mulut kita dilindungi oleh sebuah lapisan, ketika lapisan tersebut rusak maka akan terasa perih dan sakit. Bahkan sariawan dapat timbul lebih besar dan parah jika kita tidak membatasi makanan pedas.

7. Maag

Punya Dampak Buruk, Ini 7 Bahaya Makan Makanan Pedas

Akibat terlalu banyak makan pedas adalah munculnya maag. Hal ini karena asam lambung naik, sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan lambung. Bahaya makanan pedas akan membuat cairan pada lambung dapat meningkat ke tenggorokan yang penderitanya merasakan sensasi terbakar dan perih. Harap hati-hati ya, Bela.