Tekanan darah rendah, yang juga sering disebut hipotensi, adalah kondisi di mana tingkat tekanan darah dalam tubuh turun di bawah angka normal. Hipotensi merupakan kondisi ketika tekanan darah berada di bawah 90/60 mmHg, tekanan darah rendah tidak boleh dipandang sebelah mata lho. Tekanan darah rendah yang diabaikan dapat menimbulkan gejala berupa penglihatan kabur, kesulitan berkonsentrasi, kelelahan, serta mual dan muntah

Nah Ini makanan yang baik untuk kesehatan penderita tekanan darah rendah. Cek di sini ya!

1. Buah Bit

5 Makanan yang Bagus Dikonsumsi Oleh Penderita Darah Rendahfreepik.com/ miltsova

Rasa buah bit memang tidak manis dan kurang segar di mulut. Namun, buah berwarna merah keunguan ini dapat berguna sebagai penambah darah. Dalam 100 gram buah bit, terdapat kandungan natrium sebesar 36 mg dan kalium sebesar 330 mg. Kamu bisa mengolah buah bit menjadi jus dengan tambahan lemon atau buah manis lainnya.

2. Lemon

5 Makanan yang Bagus Dikonsumsi Oleh Penderita Darah RendahUnsplash.com/Julia Peretiatko

Lemon mengandung banyak air yang mampu mengatasi dehidrasi yang menjadi penyebab adanya hipotensi. Lemon bisa membantu mengatur sirkulasi darah dan mengembalikan tekanan darah kembali normal berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Bagi penderita hipotensi, minumlah segelas air perasan lemon yang dicampur dengan gula dan sedikit garam untuk menghidrasi tubuh.

3. Wortel

5 Makanan yang Bagus Dikonsumsi Oleh Penderita Darah Rendahfreepik.com/stockking

Wortel mengandung 70 mg natrium per 100 gram dan air sebesar 87%. Karena penderita darah rendah membutuhkan natrium dan banyak air, maka wortel bisa menjadi sayuran andalan nih, kamu bisa mengolah sup dengan tambahan wortel lho.

4. Daging

5 Makanan yang Bagus Dikonsumsi Oleh Penderita Darah RendahPexels/Lukas

Makanan yang baik dikonsumsi penderita darah rendah terakhir adalah mengonsumsi daging. Pilihlah daging putih seperti daging ayam tanpa lemak maupun daging ikan. Konsumsi daging yang sehat dapat membantu kamu mencapai angka tekanan darah yang optimal. 

5. Telur

5 Makanan yang Bagus Dikonsumsi Oleh Penderita Darah Rendaheccoe.com

Makanan untuk penderita darah tinggi yang berikutnya adalah telur. Satu butir telur mengandung asam folat dan vitamin B12 dalam jumlah tinggi. Seperti vitamin B12, asam folat adalah asupan yang penting untuk meningkatkan tekanan darah rendah.

Baca Juga: Waspada, 7 Bahaya Lembur Bagi Kesehatan Tubuh

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Beri Nutrisi Baik untuk Kecantikan Kulit

Baca Juga: Punya Dampak Buruk, Ini 7 Bahaya Makan Makanan Pedas