6 Cara Agar Muka Simetris yang Mudah Dilakukan di Rumah

6 Cara Agar Muka Simetris yang Mudah Dilakukan di Rumah 

Bisa dilakukan di rumah

6 Cara Agar Muka Simetris yang Mudah Dilakukan di Rumah 

Saat kamu melihat muka sendiri di foto atau cermin, kamu mungkin merasa bahwa kamu memiliki muka yang tidak simetris. Hampir setiap orang memiliki bagian yang asimetris di muka, namun pada beberapa orang kasus tersebut sangat terlihat. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan muka asimetris, di antaranya karena genetika, paparan sinar matahari, hingga cedera tertentu. Namun jangan khawatir, ada cara agar muka simetris yang bisa kamu lakukan di rumah.

Berikut Popbela.com rangkum sejumlah tips yang bisa kamu upayakan untuk membuat muka lebih simetris. Simak ulasannya ya, Bela!

1. Peregangan wajah

6 Cara Agar Muka Simetris yang Mudah Dilakukan di Rumah pexels.com/Andrea Piacquadio

Senam wajah menjadi cara agar muka simetris yang mudah kamu lakukan. Ada berbagai jenis senam wajah untuk membuat muka lebih simetris, salah satunya adalah peregangan wajah. 

Caranya, regangkan wajah sambil melihat ke atas, kemudian tarik bibir atas untuk menutupi bibir bawah. Kemudian, tersenyumlah dengan lebar dengan wajah yang masih dalam posisi yang sama.

Ulangi gerakan tersebut selama 20 kali untuk membuat kulit lebih segar dan menyelaraskan otot-otot muka supaya lebih simetris. 

2. Partial wink

6 Cara Agar Muka Simetris yang Mudah Dilakukan di Rumah pexels.com/Sora Shimazaki

Aktivitas wink atau kedipan sebagian akan menyelaraskan jaringan mata bagian bawah dan pipi bagian atas. Hal itu dilakukan dengan kedipan mata sebagian sebanyak 50 kali. Namun, tahan setiap kedipan selama satu detik, kemudian dorong jari ke dalam kulit pelipis.

Tarik kulit dengan perlahan ke belakang dan tutup mata rapat-rapat saat jari masih dalam posisi yang sama. Ulangi gerakan ini sekitar 20 kali untuk membantu membuat wajah lebih simetris. 

3. Mengencangkan pipi

6 Cara Agar Muka Simetris yang Mudah Dilakukan di Rumah pexels.com/Nothing Ahead

Selanjutnya, gerakan mengencangkan pipi juga bisa menjadi cara agar muka simetris. Sebab, wajah yang asimetris biasanya terlihat pada satu sisi pipi yang lebih kecil dari sisi lainnya. 

Cara melakukan gerakan ini adalah dengan menekan pipi bagian atas dengan tiga jari masing-masing tangan. Lalu, gunakan jari untuk mendorong otot ke arah rahang sambil tersenyum. 

Cobalah untuk menahan tekanan dari jari tersebut dengan menggunakan senyuman untuk memanipulasi jaringan pipi. Jangan gerakkan kepala selama melakukan gerakan ini. Dengan gerakan tersebut, senyummu akan terlihat lebih simetris. 

4. Yoga wajah

6 Cara Agar Muka Simetris yang Mudah Dilakukan di Rumah pexels.com/RF._.studio

Gerakan yoga wajah bukan hanya bisa meningkatkan sirkulasi, tetapi juga melatih otot yang mengencangkan kulit. Jadi, kegiatan ini akan memungkinkan seseorang untuk mencegah rahang dan kulit mengendur. 

Cara untuk melakukan gerakan yoga wajah adalah dengan mengembungkan pipi, kemudian dorong udara ke dalam mulut dan gerakkan udara dari satu sisi ke sisi lainnya hingga 4 kali. Ulangi hal itu sampai 5 kali sehari untuk membesarkan pipi. 

Selain itu, buka mata lebar-lebar kemudian angkat alis dan julurkan lidah. Tahan posisi itu sampai 60 detik dan ulangi sampai 10 kali untuk membantu leher dan pipi. 

Kemudian, kencangkan kulit membentuk O, lalu tersenyumlah dan julingkan mata tanpa membiarkan mulut bergerak. Ulangi posisi tersebut selama 10 kali untuk mengencangkan kulit secara menyeluruh. 

Terakhir, genggam tangan ke wajah dan tersenyumlah lebar-lebar. Pastikan tangan mencegah mulut untuk tersenyum.

Hal itu dilakukan agar wajah bekerja melawan tangan. Ulangi gerakan tersebut selama 10 kali untuk mengencangkan otot wajah. 

5. Memperbaiki postur tubuh

6 Cara Agar Muka Simetris yang Mudah Dilakukan di Rumah pexels.com/Ketut Subiyanto

Selain yoga dan senam wajah, membuat wajah lebih simetris bisa dilakukan dengan memperbaiki postur tubuh. Sebab, postur tersebut bisa berpengaruh signifikan terhadap wajah yang simetris. 

Jika kamu ingin membuat wajah lebih simetris, kamu perlu memperbaiki postur tubuh secara menyeluruh. Hal itu disebabkan karena otot wajah terhubung dengan otot leher, sementara otot leher terhubung dengan otot bahu dan punggung. 

Jadi, semakin kamu membungkuk atau membuat postur tubuh yang buruk, semakin tidak merata pula beban kerja otot. Sebaiknya, perbaiki postur tubuh dengan benar. Postur yang benar akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan pencernaan. 

Saat tubuh memompa darah dan membersihkan racun, kulit akan menjadi lebih bersinar, lebih muda, dan lebih simetris. 

6. Lindungi wajah dari sinar matahari

6 Cara Agar Muka Simetris yang Mudah Dilakukan di Rumah pexels.com/Maggie Zhan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu penyebab wajah tidak simetris adalah karena kerusakan akibat sinar matahari. Oleh karena itu, cara agar muka simetris bisa dengan melindunginya menggunakan tabir surya. 

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa membahayakan kulit. Sinar UV di dalamnya bisa menyebabkan kerusakan yang mengarah pada fitur wajah yang asimetris. 

Misalnya, saat kamu mengemudi dan mengalami kerusakan di satu sisi wajah, maka satu sisi wajah tersebut akan mengalami penuaan yang lebih dini.

Seiring pertambahan usia, sisi wajah tersebut akan kehilangan elastisitas dan kelembapan dan membuat sisi kanan dan kiri wajah menjadi asimetris. 

Jadi, cara pencegahannya adalah dengan memastikan kulit terlindungi dengan tabir surya bahkan di saat cuaca mendung. Jika tidak, pakailah krim atau pelembap yang mengandung SPF dan kenakan topi atau kacamata hitam saat keluar rumah. 

Itulah 6 cara agar muka simetris yang bisa kamu lakukan. Namun, jangan lupa melakukannya secara konsisten agar hasilnya bisa segera terlihat, ya!

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi agar Lebih Percaya Diri

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah, Ketahui Penyebabnya!

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata agar Tampak Muda

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Ditiru Yuk! Ini 9 Inspirasi Gaya Rambut Panjang yang Keren

Ditiru Yuk! Ini 9 Inspirasi Gaya Rambut Panjang yang Keren

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Health

Hati-Hati, 7 Masalah Menstruasi Ini Nggak Boleh Kamu Abaikan!

Hati-Hati, 7 Masalah Menstruasi Ini Nggak Boleh Kamu Abaikan!