Keratin merupakan protein yang ada dalam rambut, kulit, dan kukumu. Ia berperan untuk menjaga struktur kulit, membuat rambut dan kuku kuat dan sehat. Nah, agar kesehatan rambut, kulit, dan kuku terjaga, tak cukup hanya menggunakan produk perawatan dari luar saja lho. Kamu juga wajib mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan produksi keratin. Apa saja? Simak di bawah ini ya!

1. Wortel

7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Keratin Tubuhmaxpixel.net

Dikutip dari Healthline, wortel kaya akan kandungan provitamin A, biotin, vitamin B6, potasium, dan vitamin K1. Tak hanya itu, wortel juga mengandung vitamin C yang berperan meningkatkan kolagen untuk pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku.

2. Mangga

7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Keratin Tubuhfreepik.com

Salah satu buah yang mengandung nutrisi yang mampu meningkatkan kadar keratin adalah mangga. Selain mudah ditemukan di negara kita, rasanya yang manis ternyata mengandung provitamin A, vitamin C, dan folat yang mampu menutrisi kulit dan rambut.

3. Brokoli

7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Keratin Tubuh

Brokoli mengandung omega 3, vitamin C, potasium dan mineral baik yang merupakan sintesa dari keratin. Kalian bisa mengonsumsi brokoli secara langsung atau dioleh menjadi camilan lezat seperti crispy broccoli.

4. Kubis

7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Keratin Tubuhmaxpixel.net

Sayuran hijau lain yang kaya nutrisi adalah kubis. Kandungan protein, sulfur, vitamin C, manganese, kalsium, potasium, iron, serta vitamin A dan vitamin K sangat bagus untuk tubuh.

5. Bawang Putih

7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Keratin Tubuhmaxpixel.net

Salah satu bumbu masakan ini bukan hanya mampu menyedapkan setiap masakan yang tersaji. Bawang putih mengandung sulfur, protein, vitamin C, selenium, kalsium, vitamin B6 dan manganese yang baik untuk kesehatan kulit.

6. Kacang Kedelai

7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Keratin Tubuhmaxpixel.net

Kacang kedelai mengandung isoflavon yang penting untuk pergantian hormon dan mengencangkan kulit. Selain itu, protein juga memproduksi keratin alami yang mampu menguatkan rambut. Jadi, tak ada salahnya kan makan tempe dan tahu setiap hari?

7. Ubi Jalar

7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Keratin Tubuhmaxpixel.net

Ubi jalar merupakan makanan yang mengandung nutrisi untuk meningkatkan produksi keratin. Mulai dari potasium, manganese, vitamin B6, vitamin C, dan provitamin A yang mampu memicu sintesa keratin yang bagus bagi kesehatan kulit dan rambut.

Selain mengonsumsi makanan kaya nutrisi, penting pula untuk menjaga waktu tidur, rutin berolahraga dan mengelola stress dengan baik agar tubuh mampu memproses nutrisi dari makanan yang kita konsumsi dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Bela.